visitaaponce.com

Digitalisasi Juga Sampai ke Desa

Digitalisasi Juga Sampai ke Desa
Menteri Desa Abdul Halim Iskandar(MI/Lilik Darmawan)

MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengungkapkan, pentingnya digitalisasi menjadi bagian upaya untuk mempercepat pembangunan desa.

Menurutnya, keberadaan desa harus mengikuti perkembangan zaman dan dalam proses pembangunan tidak boleh bertahan pada posisi-posisi yang lama.

"Itulah makanya digitalisasi ekonomi desa menjadi salah satu program utama atau prioritas utama di dalam upaya pembangunan desa di Kemendes PDTT,” ujar Hakim dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/11).

Ia menambahkan, alasan digitalisasi ekonomi menjadi prioritas utama, terlebih dalam situasi Pandemi covid-19 ialah agar dalam memasarkan berbagai potensi dan berbagai produk yang dihasilkan oleh desa akan lebih mudah.

“Jadi kalau bicara tentang potensi desa, itu di mana-mana sudah bagus. Tidak mungkin kita kemudian memiliki potensi luar biasa tapi tidak tertangani dari sisi pengenalan dan pemasaran. Justru permasalahan yang paling banyak dihadapi di desa adalah bagaimana memasarkan itu,” jelas Hakim

Untuk mengatasi itu semua, kata Mendes PDTT, yang harus menjadi prioritas adalah menemukan offtaker atau pembeli yang diharapkan mampu menjadi media untuk mentransformasi berbagai potensi desa menuju ke wilayah yang dituju, yaitu pasar domestik maupun pasar internasional.

Hakim menjabarkan, ada dua hal yang diuntungkan dengan adanya digitalisasi desa. Yang pertama, akan memutus banyak mata rantai yang menyebabkan terjadinya kemahalan barang ketika diterima oleh konsumen. Yang kedua, mendekatkan antara pembeli dan penjual.

"Pada kenyataannya, di desa-desa sangat membutuhkan pengembang masyarakat utamanya terkait dengan agama," pungkas Hakim. (E-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Raja Suhud

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat