visitaaponce.com

Presiden Yakin EkonomiKuartal II 2021 Tumbuh 7

Presiden Yakin Ekonomi Kuartal II 2021 Tumbuh 7%
Presiden Jokowi meninjau vaksinasi covid-19 untuk pelaku UMKM di Kendari, Sulawesi Tenggara.(Dok. BPMI Setpres)

PRESIDEN Joko Widodo optimistis ekonomi Indonesia pada kuartal II 2021 akan tumbuh 7%. Menurutnya, kinerja ekonomi pada periode tersebut lebih baik dari kuartal I 2021 yang minus 0,74%.

“Optimistis itu karena ekonomi bergerak membaik. Indeks kepercayaan konsumen dan penjualan ritel tumbuh. Termasuk industri manufaktur terus tumbuh,” pungkas Jokowi, sapaan akrabnya, saat memberikan sambutan dalam Munas Kadin Indonesia VIII di Kendari, Rabu (30/6).

Dalam pemaparannya, Kepala Negara menekankan bahwa indeks penjualan ritel mengalami peningkatan hingga 12,9%. Itu termasuk penggunaan semen juga mengalami penaikan 19,2 persen. “Penjualan kendaraan niaga juga bertumbuh sampai 783%,” imbuhnya.

Baca juga: Serapan Dana PEN Sudah Mencapai Rp237,54 Triliun

Jokowi menilai kenaikan tersebut cukup fantastis. “Oleh karena itu, kita semua masih optimistis ekonomi masih akan tumbuh,” tegas dia.

Eks Gubernur DKI Jakarta mengatakan di tengah pandemi covid-19, Indeks kepercayaan Konsumen (IKK) mengalami peningkatan hingga 104,4% pada Mei 2021. “Dibandingkan Februari 2021 hanya 85%. Ini memperlihatkan bahwa permintaan masyarakat untuk konsumsi mulai membaik,” tutur Presiden.

Baca juga: PPKM Ketat Turunkan Kasus Covid-19 Naikkan Kepercayaan Konsumen

Menyoroti industri manufaktur, lanjut dia, juga mengalami kenaikan. Diketahui, indeks pembelian barang sudah mencapai 55,3% pada Mei 2021. Kenaikan itu bahkan lebih tinggi dari periode sebelum pandemi covid-19.

“Ini pencapaian tertinggi 55,3%. Padahal sebelumn pandemi hanya 51%,” paparnya.

Adapun kinerja ekspor nasional dikatakannya mengalami peningkatan hingga 58%. “Sejalan dengan membaiknya industri manufaktur, impor bahan baku juga naik 79%,” tandas dia.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat