visitaaponce.com

BPJS Ketenagakerjaan Targetkan Lindungi Seluruh Pekerja Mitra Lion Parcel

BPJS Ketenagakerjaan Targetkan Lindungi Seluruh Pekerja Mitra Lion Parcel
BPJAMSOSTEK Jakarta Slipi menjalin kerja sama dengan PT Lion Express (Lion Parcel), di Jakarta.(Ist)

BADAN Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Jakarta Slipi menjalin kerja sama dengan PT Lion Express (Lion Parcel), di Jakarta Rabu (15/12). Kerja sama tersebut bertujuan agar seluruh mitra Lion Parcel terlindungi oleh program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Penandatanganan nota kerja sama berlangsung di Kantor Lion Parcel Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat oleh Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Slipi Achmad Fatoni dan Chief Compliance & Network Officer (CCNO) Lion Parcel Victor Ary Subekti.

Turut hadir Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah DKI Jakarta Eko Nugriyanto bersama Asisten Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah DKI Jakarta Zain Setyadi.

Dalam keterangan pers, Kamis (16/12), Eko Nugriyanto mengatakan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) kini berlaku untuk seluruh komponen bangsa yang bekerja.

Sebelum BPJAMSOSTEK bertransformasi menjadi badan hukum publik pada 2014, program perlindungan tersebut hanya untuk pekerja formal saja.

”Tetapi setelah bertransformasi, maka seluruh pekerja baik yang formal maupun informal harus mendapatkan perlindungan program Jamsostek,” ujar Eko.

Menurutnya, untuk wilayah DKI sendiri saat ini juga menggalakkan perluasan kepesertaan untuk pekerja informal. Sehingga seandainya ada mitra Lion Parcel yang sifatnya bekerja secara mandiri pun kini sudah bisa diajak menjadi peserta program Jamsostek.

Eko berharap kerja sama tersebut dapat saling membantu untuk memperluas kepesertaan program Jamsostek khususnya untuk seluruh mitra kerja Lion Parcel.

Menurut Eko, pekerjaan ekspedisi seperti Lion Parcel tersebut adalah berisiko tinggi. Karena sebagian besar aktivitas berada di jalan. Sedangkan menurut catatan kecelakaan kerja di Indonesia sebagian besar terjadi di jalan raya.

”Dengan perlindungan program Jamsostek akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada para mitra sehingga produktivitas dan bisnis dari Lion Parcel juga akan terus meningkat,” sebut Eko.

Di lain sisi, Chief Compliance & Network Officer Lion Parcel Victor Ary Subekti menyambut optimis inisiatif ini dan mengungkapkan, “Lion Parcel menyadari pentingnya program Jamsostek bagi seluruh mitra yang telah berkontribusi dalam membangun perusahaan."

"Oleh karena itu, kami senang dapat mewujudkan kerja sama ini sebagai bentuk nyata dari kepedulian Lion Parcel terhadap para mitra Lion Parcel yang sekarang berjumlah lebih dari 7000 dan tersebar di seluruh Indonesia, sehingga mereka dapat menjalani aktivitas pekerjaan mereka dengan lebih aman dan nyaman," papar Victor.

"Terima kasih kepada BPJAMSOSTEK Jakarta Slipi yang telah memfasilitasi dan semoga kerja sama ini bisa memberikan manfaat dan berkah bagi seluruh pihak,” tutur Victor.

Sementara itu Kakacab BPJAMSOSTEK Jakarta Slipi Achmad Fatoni siap menerjunkan tim khusus untuk melayani akuisisi kepesertaan para mitra Lion Parcel se-Indonesia. Pihaknya juga siap jika diminta para mitra Lion Parcel untuk bersosialisasi tentang manfaat program Jamsostek. ”Setelah tahu manfaat besar dari program Jamsostek kami yakin para mitra Lion Parcel ini secepatnya bergabung,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut juga digelar sosialisasi program Jamsostek oleh Kepala Bidang Kepesertaan Khusus BPJAMSOSTEK Slipi Bagus Tejo Harmoko.

Bagus menjelaskan secara detail program-program di BPJAMSOSTEK yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), rencana pemberlakuan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), dan manfaat-manfaat layanan tambahan. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat