visitaaponce.com

Ada Dua Pilihan dalam Energi Kurangi atau Bayar

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menerapkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 untuk meningkatkan kualitas hidup setiap orang. Tujuan-tujuan tersebut berkisar dari Kemiskinan hingga aksi Iklim.

Hal-hal ini menjadi perhatian bagi kita semua. Bahkan lebih masuk akal juga ketika dapat membantu kita untuk meningkatkan produktivitas manufaktur, tetapi bagaimana hal itu dapat terwujud dalam kenyataannya?

Fakta menarik yang relatif tidak diketahui tentang Jepang adalah bahwa mereka harus mengembangkan budaya swasembada karena tidak lagi memiliki sumber daya alam.

Dalam jumlah itu hanya 6% swasembada energi. Artinya, sumber energi lain harus diimpor dan mahal, sehingga penghematan energi tertanam dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari.

Untuk industri tersebut berarti Jepang adalah negara yang sangat sulit untuk bersaing secara agresif di panggung global karena hampir semua sumber daya mulai dari energi hingga tenaga kerja sangat mahal. Jadi bagaimana perusahaan Jepang dapat mengelolanya?

Dalam hal penghematan energi, Mitsubishi Electric dan Kaizen (perbaikan berkelanjutan) yaitu melalui konsep e-F@ctory, telah menerapkan konsep tersebut dan menjadi bagian dari DNA-nya. Keberhasilan dalam manajemen energi telah menghasilkan banyak penghargaan untuk iklim dan air yang merupakan sumber dorongan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuannya.

Di antara banyak tujuan dari Mitsubishi Electric, salah satunya adalah menciptakan masyarakat rendah karbon melalui penggunaan produk hemat energi dan upaya untuk mengurangi emisi CO2.

3 R Keberlanjutan

Banyak orang mungkin belum pernah mendengar '3R Berkelanjutan'. Hal ini menjadi sama pentingnya dengan Kaizen. Ketiga R tersebut adalah; 'Kurangi (Reduce)' penggunaan hal-hal yang tidak perlu; 'Gunakan kembali (Reuse)' item bila memungkinkan; dan 'Daur ulang (Recycle)' item saat masa pakainya berakhir.

Tiga R ini dipraktikkan secara luas di Jepang dan di manufaktur Jepang. Dan dalam hal energi, terutama dari sudut pandang perusahaan atau pabrikan, hal tersebut bahkan menjadi hal yang lebih penting. Jika Anda menggunakan (energi), Anda memiliki dua pilihan: Kurangi atau Bayar! Hal ini benar-benar tidak dapat dihindari seperti membayar pajak!

Harga energi terus meningkat selama beberapa tahun terakhir. Faktanya, Administrasi Informasi Energi AS telah menunjukkan bahwa harga eceran rata-rata listrik telah meningkat 53% untuk pengguna rumahan dan 42% untuk pengguna industri selama 15 tahun terakhir.

Jadi masuk akal untuk memperlakukan energi sebagai sumber daya yang berharga dan dalam cara menggunakannya 'Just In Time' (tepat waktu). Oleh karena itu, memahami kapan, di mana, dan berapa banyak energi yang digunakan adalah langkah pertama untuk mengelola penggunaannya.

Apa yang naik dan turun secara bersamaan?

Energi dan produktivitas sebenarnya berkaitan. Saat produktivitas meningkat, biaya energi secara alami akan menurun.

Penghematan energi dapat dengan mudah dilakukan dengan mematikan semua mesin. Namun, bagaimana hal tersebut membantu? Jika mesin Anda sekarang sedang tidak dapat berproduksi.

Oleh karena itu, jika Anda fokus pada peningkatan produktivitas --yakni membuat lebih banyak produk yang dapat dijual dengan lebih sedikit energi-- Anda telah berhasil memecahkan teka-teki sebenarnya.

Dan itulah sebabnya di Mitsubishi Electric, penghematan energi bukan tentang memotong biaya tetapi bagaimana meningkatkan produktivitas.

Konsep utama

Ada satu konsep utama yang mendasar untuk mengubah persepsi penggunaan energi. Mitsubishi Electric menyebut EPU ini; Energi Per Unit yang dihasilkan. EPU merupakan jumlah energi yang dikonsumsi untuk menghasilkan satu produk.

EPU memiliki dua atribut yang kuat. Yaitu pertama, memungkinkan adanya hubungan langsung antara biaya energi dengan aktivitas manufaktur. Hubungan tersebut mungkin tidak menjadi hal yang penting sampai terjadinya perberhentian jalur produksi dan EPU mulai meningkat dengan cepat saat energi dikonsumsi tetapi produk tidak lagi diproduksi.

Atribut kedua adalah memudahkan untuk membandingkan kinerja produksi antar lini, atau bahkan antar pabrik karena EPU sepenuhnya didorong oleh efisiensi produksi, yaitu produktivitas. Dan inilah mengapa Mitsubishi Electric menggunakannya untuk tolak ukur diri mereka sendiri dan untuk mendorong kegiatan hemat energi.

Biasanya, produsen memiliki konsep yang sangat jelas tentang biaya material, biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung, logistik, depresiasi, dan lain-lain, yang terkait dengan proses manufaktur mereka. Tapi sangat jarang bahwa mereka benar-benar tahu sesuatu selain konsumsi energi utama.

Dengan menerapkan konsep e-F@ctory 'menghubungkan semuanya' dan mengukur apa yang penting, maka pelanggan dapat memperoleh EPU. Hal yang hebat adalah pemantauan energi dapat diterapkan secara retrospektif ke setiap situs atau mesin yang ada.

Modul dapat dihubungkan ke pemutus (breakers) yang ada secara langsung atau titik pengukuran terdistribusi dapat dipasang tanpa mengganggu produksi atau pemasangan kabel yang ada –cukup klem modul CT yang sesuai.

Menghubungkan ini ke pengukuran lokal dan stasiun pemantauan memudahkan untuk menarik semua data itu kembali ke titik manajemen pusat. Semakin banyak visibilitas yang diberikan ke data tersebut, maka semakin banyak efek perubahan yang dapat dibuat.

Mungkin, tidak semua orang merupakan ahli energi, oleh karenanya Mitsubishi Electric telah mengemas pengetahuannya menjadi komponen cerdas, template siap pakai, dan paket solusi.

Selain itu, upaya besar untuk berbagi pengalaman melalui diskusi dan kunjungan pencarian fakta secara rutin juga merupakan bagian penting dari pendekatan Mitsubishi Electric. (RO/OL-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat