visitaaponce.com

Kemendag akan Libatkan Aparat dan PPNS agar HET Migor Dilaksanakan

Kemendag akan Libatkan Aparat dan PPNS agar HET Migor Dilaksanakan
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Kepala Badan Pangan Nasional Arif Prasetyo Adi, memantau harga migor dan sembako di Pasar Kebayoran L(dok.humas kemendag)

MENTERI Perdagangan Muhammad Lutfi bersama dengan Kepala Badan Pangan Nasional Arif Prasetyo Adi, memantau ketersediaan dan harga minyak goreng (migor) serta bahan pokok termasuk daging di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (9/3). Turut mendampingi Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana.

"Minyak goreng ada barangnya, baik curah maupun kemasan. Masalahnya yaitu tidak ada satupun kios yang kami datangi ini menjual sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditentukan oleh pemerintah," kata Lutfi di Pasar Kebayoran Lama, Rabu (9/3).

Meskipun, kata Lutfi, supplier memasok minyak goreng curah pada harga 10.500 per liter dan seharusnya tidak boleh dijual pedagang lebih dari Rp11.500 per liter. Dia menekankan marginnya sudah cukup.

"Kami akan berkoordinasi dengan aparat hukum dan penyelidik pegawai negeri sipil (PPNS) untuk memastikan bahwa tidak ada lagi orang yang menjual minyak goreng curah dan kemasan di atas harga eceran yang ditentukan oleh pemerintah di ritel modern dan tradisional," kata Lutfi.

Perbedaan harga minyak goreng yang dijual antara ritel modern dan ritel tradisional, membuat konsumen lebih memilih mengantre di ritel modern, kemudian masuk ke ritel tradisional dan menjual dengan harga lebih tinggi dari pada yang ditentukan pemerintah.

"Kami sudah pastikan pasokan minyak goreng  cukup bahkan berlimpah di Jakarta," kata Lutfi.

Ketersediaan minyak CPO hasil dari implementasi kebijakan domestic market obligation (DMO) dia sampaikan telah lebih dsri 391 juta liter. Lutfi yakini jumlah tersebut telah cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional selama satu bulan, bila dihitung sejak 14 Februari.

Kemendag akan segera membereskan distribusi dan membuat harga sesuai yang ditentukan pemerintah. Dia jelaskan, harga dari CPO internasional untuk minyak belawan dan minyak goreng per tanggal 28 Februari sudah menurun di dalam negeri, meski harga di luar negeri naik. Harga rata-rata nasional, Minyak goreng sudah di Rp16.000, terpaut Rp2.000 dengan harga tertinggi kemasan premium.

Sebab minyak goreng yang beredar hari ini merupakan minyak DMO, minyak  pemerintah yang harus dijual sesuai dengan ketentuan pemerintah. Yang melawan ketentuan tersebut, akan dituntut di hadapan hukum secara tegas.

Masalah distribusi yang terjadi Lutfi jabarkan antara lain ada yang menimbun di tingkat D1 dan D2, dijual ke industri dengan harga lebih tinggi, atau ada yang menyelundupkan barang ke luar negeri. Ketiganya ini melawan hukum dan harus ditindak tegas. Ini terjadi karena pada lingkup tersebut ada spekulasi bahwa HET ini mau dicabut.

Mendag menekankan tidak ada rencana maupun pikiran untuk mencabut HET tersebut, bahkan HET akan ditegaskan.

"Kami memastikan stok cukup, DMO akan berjalan. Kami akan memperhitungkan dengan hitungan baru untuk memastikan stok di dalam negeri cukup. Saya ingatkan kepada semua,  HET pemerintah ini akan ditegaskan. Tidak ada yang yang berspekulasi HET ini akan dicabut. Tetapi akan dipastikan dilaksanakan. Karena barang DMOnya sudah melimpah. Dalam tiga minggu ini ketersediaan sudah lebih cukup untuk satu bulan. Kami sedang menunggu kecepatan dari penurunan harga minyak goreng di lapangan," kata Lutfi.

Sementara itu untuk pasokan daging sapi, Arif mengatakan pihaknya akan segera mendistribusikan daging-daging yang baru datang. Daging beku yang dipasok untuk memberi pilihan kepada konsumen bahwa ada daging segar, daging beku sapi dan kerbau.

Dari hasil pantauan pasar yang dia lakukan, harga bawang putih dan gula masih sesuai, kenaikan harga terpantau pada cabai dan bawang merah. Pihaknya akan segera melakukan stabilisasi harga.

Sedangkan pada minyak goreng, dia akan meminta bantuan Pasar Jaya, untuk memasang spanduk menekankan bahwa harga minyak goreng curah Rp 11.500 per liter atau Rp12.800 per kilo gram. "Diharapkan setelah ini jelang bulan puasa dan lebaran, stok dan harga akan stabil," kata Arif. (OL-13)

Baca Juga: Rubel Rusia Naik Tipis setelah Alami Kerugian Besar

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat