visitaaponce.com

Bantu UMKM, Puan Maharani Dinilai Peduli Rakyat Kecil

Bantu UMKM, Puan Maharani Dinilai Peduli Rakyat Kecil
Ketua DPR RI Puan Maharani.(Ist/DPR)

PROGRAM bantuan pelatihan digital bagi UMKM baru-baru ini dilakukan Ketua DPR RI, Puan Maharani, di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Lembaga Kajian Institute of Developing Indonesian Economy (IDEA) menilai tindakan Puan mencerminkan kepedulian pada rakyat kecil.

Pengamat Ekonomi IDEA, Candra Surya Utama, mengapresiasi langkah Puan. Dia menyebut usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupak tulang punggung negara. Ini karena 99,99 persen total usaha di Indonesia adalah UMKM. 

"Kita ketahui UMKM diisi oleh rakyat kecil. Saya melihat bantuan Puan ke UMKM adalah wujud kepedulian ke mereka," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (24/3).

Sayangnya, kata dia, UMKM saat ini masih belum familiar dengan dunia digital. Sehingga mereka tidak tahu cara mengoptimalkan dunia digital agar meningkatkan profit usaha mereka. Hal ini tentu sangat disesalkan jika mereka tak dapat beradaptasi dengan kemajuan zaman.

Baca juga: Presidensi G20 Berdampak Positif Bagi Pelaku UMKM di Labuan Bajo 

Candra menyebut  mau tidak mau UMKM harus merambah juga ke dunia digital. Saat ini dunia digital menjadi saluran baru untuk memasarkan segala macam produk dan jasa. Ini membuat penjualan dapat meningkat secara signifikan.

Puan, kata dia, telah melakukan langkah yang tepat karena membantu UMKM melek digital. Puan dinilai tahu apa yang dibutuhkan UMKM saat ini. Dengan langkahnya ini, kata dia, UMKM di masa depan dapat berkembang lebih maju dan meningkat profitnya.

Dia pun menyarankan agar program seperti ini diperluas cakupannya dan dilakukan secara konsisten.

Selain itu, kata Candra, Puan dapat bekerja sama dengan eksekutif. "Jika bekerjasama dengan eksekutif, saya yakin program ini akan lebih masif dan dapat dieksekusi secara luas," jelasnya.

Sebagai informasi, Puan memiliki program pendampingan digital yang dilakukan bagi komunitas pengusaha jamu di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Ketua umum Laskar Jamu Gendong Indonesia, Lasmi, bahkan mengapresiasi positif program Puan. Ini karena signifikan meningkatkan penjualan mereka. Selain itu membuat mereka dapat memasarkan produk jamu ke daerah luas se-Indonesia. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat