visitaaponce.com

Tahun Ini, Penerimaan Pajak Diperkirakan Tembus Rp1.485 Triliun

Tahun Ini, Penerimaan Pajak Diperkirakan Tembus Rp1.485 Triliun
Potret deretan gedung bertingkat di Jakarta.(Antara)

DIREKTORAT Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan memperkirakan penerimaan pajak sepanjang 2022 mencapai Rp1.485 triliun.

Hingga 26 Mei, penerimaan pajak negara sudah mencapai Rp679,99 triliun. Adapun penerimaan Pajak sepanjang Mei-Desember 2022 dipastikan tetap tumbuh, hingga mencapai target sesuai APBN.

"Kita perkirakan target Rp1.450-1.485 triliun pada tahun ini bisa tercapai," jelas Direktur Potensi Kepatuhan dan Penerimaan DJP Ihsan Priyawibawa dalam media briefing, Jumat (27/5).

Baca juga: Sri Mulyani: Kerja Sama Antarnegara Penting Saat Hadapi Risiko Global

Ihsan mengungkapkan bahwa kinerja penerimaan pajak yang positif turut dipengaruhi tren peningkatan harga komoditas. Lalu, didorong tingkat permintaan domestik dan luar negeri, yang juga membaik.

Sepanjang Januari-April 2022, penerimaan pajak berasal dari pajak penghasilan (PPh) nonmigas senilai Rp382,84 triliun. Diikuti Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan PPnBM sebesar Rp192,12 triliun.

Baca juga: Presiden: Jangan Pakai APBN, APBD untuk Beli Barang Impor

Kemudian, PPh Migas senilai Rp30,66 triliun dan pajak lainnya dengan Rp2,43 triliun. "Ada lonjakan yang tinggi di April hingga Rp245 triliun. Memang pertumbuhan tinggi ini dari PPh Badan Tahunan," imbuhnya.

Dirinya menyoroti salah satu komoditas unggulan Indonesia, yakni minyak kelapa sawit (CPO), yang hingga akhir April 2022 tumbuh 140%. "Penerimaan pajak CPO ini membantu penerimaan kami sampai April," pungkas Ihsan.(OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat