visitaaponce.com

Kunjungan Presiden Jerman, Menperin Perkuat Kerja SamaIndustri

PRESIDEN Republik Federasi Jerman Frank-Walter Steinmeier melakukan lawatan kenegaraan ke Indonesia pada 15-17 Juni 2022 dengan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang menyambut kehadiran Steinmeier menjelaskan, beberapa agenda dibahas terkait pengembangan kerja sama industri antara Jerman-Indonesia, termasuk dalam hal pengembangan digitalisasi, infrastruktur, hingga vaksin.

"Selanjutnya, Presiden Steinmeier akan mengunjungi Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI 4.0) untuk dua agenda," ujar Menperin dalam keterangan resmi, Kamis (16/6).

Agenda itu antara lain menghadiri German-Indonesia Business Round Table dan meninjau PIDI 4.0, yaitu fasilitas pengembangan implementasi Industri 4.0 yang dibangun oleh Kementerian Perindustrian.

Baca  juga: Dapat Investasi Rp1 T, Menperin : Dongkrak Produksi Besi Baja 500 Ribu Ton

Menperin menyampaikan, dalam pertemuan round table antara pelaku bisnis Jerman dan Indonesia, akan dibahas peluang-peluang kerja sama, terutama di bidang industri.

"Kami melihat peluang kerja sama di sektor manufaktur yang dapat dikembangkan meliputi industri semikonduktor, produksi vaksin, serta industri 4.0," jelas Agus.

Di bidang industri semikonduktor, peluang investasi tercipta karena Indonesia merupakan pasar elektronika dan produk jadi elektronika. Hal ini karena adanya potensi besar sumber daya alam di Indonesia dalam pengembangan industri semikonduktor.

Sedangkan pada industri produksi vaksin, terdapat perusahaan farmasi, antara lain PT Bio Farma (persero) dan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia yang merupakan produsen vaksin di Indonesia.

"Kerja sama dalam bidang produksi vaksin diharapkan mendorong transfer teknologi untuk pengembangan vaksin dan produksi vaksin bersama yang akan menguntungkan kedua pihak," kata Menperin.

Dalam hal pengembangan industri 4.0, pameran industri terbesar Hannover Messe 2022 beberapa waktu lalu, telah ditandatangani MoU antara Kemenperin dengan Deutsche Messe Technology Academy (DMTA) di bidang pengembangan SDM industri dan transformasi industri 4.0.

Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung pengembangan Smart Industry Academy di Indonesia. (Ins/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat