visitaaponce.com

Ini Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Bangsa Indonesia

Ini Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Bangsa Indonesia
Pemkab Purbalingga memberangkatkan gula kelapa organik untuk diekspor ke Malaysia.(MI/Dok Pemkab Purbalingga)

SEBAGAI bagian dari komunitas internasional, Indonesia membutuhkan sebuah hubungan saling membantu dengan negara lain, terutama di bidang ekonomi. Hal itu didasari oleh kesadaran bahwa Indonesia tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhannya, dengan bergantung pada produksi sendiri. Hal inilah yang membentuk siklus perdagangan internasional. Apa itu perdagangan internasional, dan apa manfaatnya bagi Indonesia.

Perdagangan internasional adalah sebuah perjanjian atau transaksi antarnegara dalam komunitas internasional. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh negara atau individu yang tergabung dalam negara tersebut.

Baca juga: Kemenperin Fasilitasi IKM Perhiasan Tembus Pasar Global

Perdagangan internasional didasari oleh kesadaran bersama bahwa suatu negara tidak akan bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dengan hanya bergantung pada produksi dalam negeri.

Dalam perdagangan internasional, terjadilah siklus ekspor dan juga impor. Ekspor adalah mengirim barang hasil produksi ke luar negeri, sementara impor adalah membeli atau mengonsumsi barang hasil produksi dari luar negeri, ke dalam negeri.

Berikut adalah beberapa manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia.

1. Memperoleh Devisa Negara

Saat negara mengekspor suatu barang produksi ke luar negeri, barang tersebut dibayar melalui dolar sebagai mata uang internasional, atau emas, dan surat berharga. Dengan ini, Indonesia akan memperoleh keuntungan cadangan valuta asing, dan juga sebagai alat transaksi saat melakukan impor

2. Memperbanyak Lapangan Pekerjaan

Dengan ekspor, barang produksi perlu dipersiapkan sebelum siap dikirim ke luar negeri. Pastinya, hal ini akan membuka lapangan pekerjaan bagi banyak masyarakat di Indonesia, pabrik sebagai tempat produksi dan pengemasan, serta jasa distribusi akan menjadi semakin luas, dan memberi kesempatan bagi masyarakat.

3. Memenuhi Kebutuhan dalam Negeri

Pada saat melakukan impor, artinya ada kekurangan cadangan dari suatu produk tersebut dalam negeri. Maka, dengan perdagangan internasional, impor dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Mendorong Kemajuan Teknologi

Tidak dapat dipungkiri, dengan mengimpor barang barang yang berhubungan dengan alat teknologi telah membantu dalam memajukan Indonesia. Dan pada umumnya, teknologi tersebut diperoleh dari negara negara maju yang memproduksinya, dan pastinya dapat diperoleh melalui impor dalam perdagangan internasional.

5. Memperluas Pasar Penjualan

Apabila barang hasil produksi dalam negeri hanya dipasarkan di dalam negeri saja, maka keuntungannya akan jauh lebih kecil dibanding barang tersebut juga dijual ke pasar internasional, melalui ekspor. Maka, dengan perdagangan internasional, pasar yang semakin luas juga akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi, dan pertambahan devisa negara. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat