visitaaponce.com

Apindo Permintaan Ekspor Industri Sepatu, Karet, Elektronik Anjlok

Apindo: Permintaan Ekspor Industri Sepatu, Karet, Elektronik Anjlok
Pekerja menyelesaikan produksi sepatu kulit di Sentra Sepatu Cibaduyut, Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/11/2022).(Antara/Raisan Al Farisi.)

DI tengah resesi dunia yang terjadi saat ini, beberapa industri sudah mengalami dampak yang cukup signifikan. Industri persepatuan, misalnya, mengalami penurunan permintaan ekspor, khususnya dari Uni Eropa dan Amerika Serikat.

"Masalah sekarang ini ialah resesi dunia yang sudah terjadi, terutama Uni Eropa dan Amerika. Efeknya langsung kepada industri persepatuan dan tekstil. Di persepatuan saja order menurun 50% rata-rata. Ada yang 70% dan kurang. Bergantung pasarnya. Kalau di Uni Eropa dan Amerika itu sangat turun, sementara Asia masih bagus," ungkap Ketua Bidang Ketenagakerjaan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Anton Supit dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR, Selasa (8/11).

Baca juga: BI Diingatkan Jangan Agresif Naikkan Suku Bunga Acuan

Anton menambahkan bahwa saat ini industri karet juga mengalami penurunan permintaan ekspor sebesar 40% lebih dan akan berefek lebih dalam lagi karena menyangkut karet rakyat. "Artinya, jika permintaan dunia menurun, karet rakyat tidak akan terserap secara optimal dan menimbulkan probrem baru lagi," tutur Anton.

Selain itu, menurutnya, industri elektronik juga tengah mengalami penurunan permintaan ekspor. Hanya industri otomotif yang dikatakan tengah mengalami peningkatan permintaan ekspor.

"Otomotif untuk ekspor ke Middle East dan Asia lain juga naik. Jadi situasinya tidak bisa dikatakan sama," pungkasnya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat