visitaaponce.com

Sambut Penerbangan Tiongkok, Kemenhub Dorong Mobilitas Turis

Sambut Penerbangan Tiongkok, Kemenhub: Dorong Mobilitas Turis
Wisatawan mancanegara asal China tiba di Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (22/1/2023).(ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

DIREKTORAT Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merespons positif penerbangan perdana (charter flight) Lion Air PK-LSU JT2648, tipe pesawat Boeing 737-900ER dengan rute penerbangan Shenzhen Bao’an International Airport (SZX), Tiongkok ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali (DPS).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan dengan kebijakan baru pemerintah Tiongkok yang membuka border atau perbatasan sejak 8 Januari 2023 akan memberikan nilai positif bagi Indonesia dengan mampu menggeliatkan industri penerbangan Tanah Air.

“Kami menyambut baik penerbangan perdana ini untuk mendorong mobilitas wisatawan ke Indonesia," ujarnya dalam keterangan pers, Senin (23/1).

Pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap pesawat yang telah memenuhi regulasi dan aturan yang ada, dengan memberikan izin terbang kepada pesawat tersebut.

Baca juga: Jelang Imlek, Penumpang Bandara Soetta Alami Peningkatan

Kristi menyebut dengan banyak negara yang sudah membuka perjalanan internasionalnya termasuk Tiongkok akan berdampak pada permintaan pembukaan jalur penerbangan yang diyakini terus bertambah.

"Kunjungan tersebut juga tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di destinasi wisata Indonesia," tambahnya.

Penerbangan langsung dari Shenzhen ke Bali pada Minggu (22/1), membawa 212 penumpang dari Tiongkok yang terdiri dari 193 penumpang dewasa, 17 anak-anak dan 2 balita.

Selain itu, kedatangan ratusan turis asal Negeri Tirai Bambu itu juga diharapkan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Tanah Air, khususnya Bali.

Terhitung bahwa jumlah kunjungan wisman ke Bali melebihi target yang ditetapkan yaitu 500.000. Kunjungan di 2022 pada periode Januari–November 2022 tercatat 1.778.470 kunjungan Wisman yang datang langsung ke Bali.

Wisman yang paling banyak datang ke Bali periode Januari–November berasal dari Australia (511.272 kunjungan), India (145.111 kunjungan), Inggris (108.838 kunjungan), Amerika (91.248 kunjungan) dan Perancis (88.405 kunjungan). (Ins/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat