visitaaponce.com

Pertamina 170 Juta NIK Terima Subsidi Elpiji 3 Kg

Pertamina: 170 Juta NIK Terima Subsidi Elpiji 3 Kg
Pekerja mengangkut tabung gas elpiji 3 kg di Pangkalan Gas di Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Selasa (3/1/2023)(Antara)

PERTAMINA Patra Niaga menghitung estimasi jumlah penerima gas elpiji 3 kilogram (kg) atau subsidi sebesar 47 juta kartu keluarga (KK) atau 170 juta nomor induk kependudukan (NIK) di tahun ini.

Jumlah ini berasal dari pencocokan NIK KTP konsumen dengan database Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari desil 1-7 yang telah diserahkan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Kemenko PMK) ke Pertamina Patra Niaga.

"Dari sini kita bisa identifikasi bahwa data P3KE itu sebesar 47 juta KK atau sekitar 170 juta NIK," kata Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Pertamina Patra Niaga Harsono Budi Santoso saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR, di Jakarta, Selasa (7/2).

Pihaknya tengah melalukan uji coba pembelian gas elpiji 3 kg (kg) dengan membawa KTP di lima wilayah. Ini tersebar di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. Lalu, di Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten; Kecamatan Ngaliyan di Kota Semarang, Jawa Tengah. Berikut, Kecamatan Batu Ampar di Kota Batam, Kepulauan Riau; serta Kecamatan Mataram di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Harsono menjelaskan bakal ada perluasan beberapa daerah di Jawa dan Bali yang juga akan menerapkan uji coba tersebut.

"Uji coba pendaftaran konsumen elpiji 3 kg sudah dilakukan. Sistem MyPertamina akan terkoneksi," pungkasnya.

Sebelumnya, Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Eko Kristiawan memastikan tidak ada kendala signifikan dalam pelaksanaan uji coba pembelian gas melon di wilayah Banten.

Di regional Jawa bagian barat (JBB), uji coba berlangsung di Kecamatan Cipondoh dan Kecamatan Ciputat. Pihaknya masih mendata berapa jumlah pelanggan yang sudah mengikuti kebijakan baru tersebut.

"Di Cipondoh itu satu pangkalan saja tempat uji cobanya. Per hari, rata-rata konsumennya di kisaran 85-100 orang. Tidak ada kendala signifikan yang dialami," sebutnya saat dikonfirmasi media, Kamis (19/1). (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat