visitaaponce.com

Imbal Hasil dan Insentif Menarik untuk Devisa Hasil Ekspor

Imbal Hasil dan Insentif Menarik untuk Devisa Hasil Ekspor
Dolar AS.(AFP/Murtaja Lateef.)

MENGANTISIPASI penyimpanan devisa hasil ekspor (DHE), peraturan Bank Indonesia (PBI) terkait hal itu dirilis pada Desember 2022.

"Sifatnya mengantisipasi bahwa dana-dana ini akan masuk ke dalam negeri. Jadi, kami menyiapkan outlet atau instrumen yang namanya Term Deposit Valas DHE," kata Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia Destry Damayanti, Kamis (16/2).

Instrumen ini bersifat mekanisme pasar, tetapi tentu Bank Indonesia akan memberikan satu imbal hasil dan insentif yang makin menarik bila makin lama dana ditanamkan di TD Valas.

TD Valas ini memiliki 3 tenor, yaitu 1 bulan, 3 bulan dan 6 bulan. Semakin panjang penyimpanan dan makin besar nominalnya akan makin besar return-nya.

Perbankan yang memobilisasi valas DHE ke BI akan mendapat insentif/fee. Semakin banyak nasabah dan yang mampu menempatkan valas DHE dalam jangka waktu yang lebih panjang, insentif yang didapat perbankan akan semakin besar.

Bank Indonesia secara aktif dan giat bertemu dengan para perbankan dan eksportir. Dikatakan Gubernur Bank Indonesia, pihak perbankan dan eksportir menyambut baik tawaran TD Valas DHE. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat