visitaaponce.com

Pengertian Inti Masalah Ekonomi, Penyebab dan Contoh

Pengertian Inti Masalah Ekonomi, Penyebab dan Contoh
Ilustrasi(ANTARA FOTO/Reno Esnir)

MASALAH keuangan erat kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat. Inti dari masalah ekonomi adalah sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan beragam. Dengan kata lain, inti dari masalah ekonomi adalah kelangkaan. Kelangkaan adalah kondisi saat orang tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Penyebab Masalah Ekonomi

1. Sumber Daya yang Terbatas

Sumber daya dibagi menjadi dua yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sumber daya yang terbatas dapat menciptakan kelangkaan. Hal ini, disebabkan oleh pemenuhan kebutuhan yang tidak sesuai dengan permintaan karena keterbatasan sumber daya .

2. Tingkat Keinginan Manusia tak Dapat Dibatasi

Manusia selalu memiliki kebutuhan. Namun, lepas dari itu, manusia juga memiliki keinginan. Apabila kebutuhan dapat dipenuhi secara objektif, keinginan adalah hal yang subjektif. Keinginan manusia yang tak terbatas, menciptakan permintaan yang tinggi, yang dibarengi dengan suplai yang terbatas.

Masalah Ekonomi Klasik

1. Masalah Produksi

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, barang dan jasa harus disediakan. Untuk mencapai tujuan ini, produsen harus mengetahui barang dan jasa apa yang dibutuhkan masyarakat. Untuk memenuhi permintaan yang tinggi ini, produsen harus mengetahui barang dan jasa apa yang dibutuhkan konsumen mereka.

2. Masalah Distribusi 

Masalah lainnya adalah distribusi produk yang benar kepada konsumen. Distribusi adalah penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen sehingga produk menjadi tersedia secara luas. Pada dasarnya tujuan penjualan adalah agar produk produsen semakin tersebar dan sampai ke tangan konsumen. Setelah produk dipasarkan, produk tersebut dapat dikonsumsi.

3. Masalah Konsumsi 

Masalah ini adalah masalah ketika barang dan jasa sampai ke tangan konsumen, pertanyaan selanjutnya adalah apakah barang tersebut akan dikonsumsi atau dibuang karena harganya yang tidak murah. Pabrikan sebagai pembuat produk juga harus menjawab pertanyaan ini. Di sisi lain, sebagai konsumen kita harus bisa meningkatkan pendapatan kita untuk mendapatkan produk yang kita inginkan.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat