visitaaponce.com

Rajai Semen Nasional, SIG Produksi 52,6 Juta Ton Per Tahun

Rajai Semen Nasional, SIG Produksi 52,6 Juta Ton Per Tahun
Anggota Komisi VI DPR RI Subardi dalam diskusi Sektor Konstruksi Membangun Negeri Membangun Masyarakat, di Sleman, Jogjakarta, Selasa (7/3)(dok. ist)

PT SEMEN Indonesia Grup (SIG) terus menunjukan performa baik tiap tahun. Bahkan, kini produsen semen nasional tersebut menguasai pasar bahan bangunan terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara dengan total kapasitas produksi 52,6 juta ton semen per tahun.

“Portofolio SIG semakin kuat didukung dengan kapasitas produksinya yang besar. Saya berharap SIG tumbuh besar menjadi raksasa BUMN dan terus berkontribusi bagi pembangunan nasional,” puji Anggota Komisi VI DPR RI Subardi dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (7/3).

SIG sebagai holding BUMN terus berkembang dengan enam anak usaha yaitu, Semen Padang, Semen Gresik, Semen Tonasa, Solusi Bangun Indonesia, Semen Baturaja dan Thang Long Cement Company di Vietnam. Semen Baturaja yang baru bergabung pada penghujung tahun 2022 lalu melengkapi ekspansi SIG di Sumatera yang merupakan pasar terbesar kedua di Indonesia.

Baca juga: SIG dan Anak Usaha Ajak Masyarakat Jalan Sehat di 14 Kabupaten dan Kota

“Sebagai BUMN, SIG membawa reputasi negara. Ini harus dipertahankan agar menjadi industri semen terbesar dengan jaringan distribusi terluas,” kata dia.

Subardi mengaku mendukung SIG memenuhi kebutuhan semen untuk pembangunan nasional. Sejumlah proyek tersebut meliputi pembangunan jalan tol trans Jawa dan Sumatera, dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dari sejumlah proyek penugasan negara, SIG berpeluang meningkatkan produksinya hingga mencapai 21 juta ton untuk konstruksi IKN hingga 2045, atau target pembangunan selesai. Menurut Subardi, bergabungnya SIG ke IKN akan mengamankan pertumbuhan penjualan semen di tahun-tahun mendatang.

“SIG mendapat penugasan di IKN. Permintaan semen akan meningkat hingg 21 juta ton sampai 2045. Ini bagus untuk mengamankan penjualan SIG sekaligus mendukung peningkatan produksinya. Apalagi Semen Indonesia punya posisi kuat di pasar nasional dan asia tenggara,” jelasnya.

Selain pengembangan bisnis, saat ini SIG menghadirkan sederet produk untuk pembangunan yang ramah lingkungan. Produk semen kantong SIG telah tersertifikasi Green Label dari Green Product Council sebagai sertifikasi ramah lingkungan karena rendah emisi karbon.

Seperti yang diketahui, SIG merupakan perusahaan solusi bangunan multinasional yang terdepan di Indonesia. Selain menguasai kurang lebih 50% pangsa pasar semen domestik, kini SIG memiliki variansi produk turunan semen yang memiliki fleksibilitas rentang spesifikasi lengkap, beserta solusi layanan pendukung, untuk memenuhi persyaratan kondisi bangunan sesuai kebutuhan pelanggan, dimanapun berada.

SIG identik dengan keberlanjutan. Perusahaan ini senantiasa menggunakan solusi material yang inovatif, memaksimalkan teknologi ramah lingkungan dan memperhatikan upaya pemberdayaan masyarakat. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat