visitaaponce.com

Pelaku Bisnis Harus Maksimalkan Kondisi Ekonomi yang Stabil Pascapandemi

Pelaku Bisnis Harus Maksimalkan Kondisi Ekonomi yang Stabil Pascapandemi
TREN pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi covid-19 diprediksi cenderung stabil sekalipun ada ancaman resesi global.(Dok.Istimewa)

TREN pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi covid-19 diprediksi cenderung stabil sekalipun ada ancaman resesi global. Chief Executive Officer RichWorks Indonesia Aryani Firdaus, mengajak para pelaku usaha untuk memanfaatkan situasi tersebut dengan lebih mendekatkan diri ke sesama mitra yang juga dari kalangan pebisnis.

"Karena ada peningkatan investasi, konsumsi swasta, dan kinerja ekspor yang baik," kata Aryani saat menghadiri kegiatan Inner Circle Meeting (ICM), Kamis (9/3/2023). ICM merupakan hasil kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan RichWorks International. Kegiatan itu digelar pada 6-10 Maret 2023.

Aryani menambahkan, pelaku bisnis harus tetap waspada dan mengantisipasi beberapa tantangan meski prospek perekonomian Indonesia di tahun 2023 cenderung stabil. Tantangan itu mulai dari faktor inflasi, suku bunga yang lebih tinggi, hingga rantai pasokan global yang terganggu. 

Menurut dia, inovasi dan menyusaikan diri dengan tren kebutuhan konsumen menjadi kunci. 
"Kolaborasi dan kemitraan juga menjadi faktor pendukung yang perlu dilakukan para pelaku bisnis," lanjutnya.

Ia menambahkan, para peserta ICM mendapatkan ilmu sekaligus kemitraan dengan sesama pelaku bisnis. Mereka dapat membahas strategi yang tepat guna menghadapi tantangan ekonomi ke depan. 

"Kemitraan bisnis memang menjadi sangat relevan di era digital karena dapat mempengaruhi kinerja para pelaku usaha. Dengan berkolaborasi, para pengusaha bisa lebih optimistis dalam menghadapi ancaman resesi yang masih terus menghantui ekonomi global," ungkap Aryani.

Melalui kolaborasi dan kemitraan, para pelaku bisnis akan dilengkapi dengan keterampilan dan sumber daya untuk menciptakan bisnis berkelanjutan yang dapat menciptakan lapangan kerja baru dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi negara. (RO/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat