visitaaponce.com

Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di IKN

 Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di IKN
Foto udara suasana pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.(Antara/Indrianto Eko)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat penyelesaian pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sungai Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Percepatan itu dilakukan untuk mengakselerasi pasokan kebutuhan air baku ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

"Bendungan yang berada di Kecamatan Sepaku ini nantinya akan diproyeksikan sebagai infrastruktur penyediaan kebutuhan air baku dan pengendalian banjir di kawasan IKN Nusantara," ujar Pelaksana tugas Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Jarot Widyoko melalui keterangan resmi, Senin (20/3).

Baca juga: Presiden Resmikan Bendungan Danu Kerthi di Bali

Saat ini, progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi sudah mencapai 86,56%. Pemerintah menargetkan infrastruktur itu mulai dapat diairi pada Juni 2023.

Setelah pembangunan bendungan dan intake selesai, pengerjaan akan dilanjutkan dengan pengadaan pompa air baku secara bertahap. Jarot mengatakan pompa yang disiapkan nantinya akan memiliki kapasitas 300 liter per detik.

Baca juga: IKN Mendapat Hibah dari Korea Selatan

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Harya Muldianto mengungkapkan Bendungan Sepaku Semoi dapat menyuplai kebutuhan air baku sebesar 2.500 liter per detik. Sebanyak 2.000 liter per detik ditujukan untuk keperluan di IKN dan 500 liter per detik untuk Balikpapan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat