visitaaponce.com

IKN Mendapat Hibah dari Korea Selatan

IKN Mendapat Hibah dari Korea Selatan
Bendungan Sepaku di Ibu Kota Negara Nusantara. Nantinya akan dibangun instalasi pengolahan air di area bendungan.(ANTARA/INDRIANTO EKO SUWARSO)

PEMERINTAH Korea Selatan (Korsel) memberi hibah pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Bendungan Sepaku-Semoi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"IPA ini berkapasitas 300 liter per detik," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti di IKN Nusantara, Sabtu (18/3).

Ditjen Cipta Karya menjadi tuan rumah dari kunjungan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korsel Won Hee-ryong. Korsel memberikan hibah tersebut melalui K-Water, badan usaha milik negara yang mengurusi hal air bersih.

Baca juga: Pembangunan IKN Menjadi Terobosan Untuk Terciptanya Pemerataan Pendidikan

K-Water akan segera membangun IPA tersebut di lokasi yang sudah ditentukan di komplek Bendungan Sepaku. "Lokasinya di kawasan yang ditandai dengan bendera," tunjuk Dirjen Diana ke sisi timur tenda acara.

Won mengatakan telah melihat keseriusan dan kesungguhan pemerintah Indonesia dalam membangun IKN, yang antara lain ditunjukkan dengan memikirkan hingga detail hampir setiap hal yang berkenaan dengan IKN.

Baca juga: Presiden Apresiasi Dukungan Pembangunan IKN

Tentang IPA yang akan dibangun dan dihibahkan untuk Indonesia tersebut, menurut Menteri Won, akan menjadi tanda eratnya persahabatan Indonesia dan Korsel.

Pemerintah Korsel juga menyatakan dukungan pada pembangunan IKN menjadi kota cerdas dengan teknologi canggih.

"Untuk upaya kolaborasi ini, Korea membutuhkan data dan informasi proyek IKN, juga koordinasi dan mendengar lebih lanjut apa saja kebutuhan dari IKN," kata Won. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat