visitaaponce.com

Melantai di BEI, Graha Trans Raup Rp56,83 Miliar

Melantai di BEI, Graha Trans Raup Rp56,83 Miliar
Ilustrasi(Medcom.id)

Grahaprima Suksesmandiri (Graha Trans) resmi mencatatkan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (30/3).

Dengan penawaran perdana Rp150 per lembar saham, perusahaan yang mendapat kode emiten GTRA itu meraih dana segar senilai Rp56,83 miliar.

Direktur Utama Graha Trans Ronny Senjaya mengungkapkan pihaknya menawarkan 378,87 juta lembar saham atau setara dengan 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO.

Baca juga: IHSG Dibuka Menguat 16,01 Poin Pagi Ini

"Kami mencatatkan oversubscribed sebanyak 243,43 kali. Hal ini sekaligus menunjukkan tingginya antusias masyarakat terhadap saham GTRA," ujar Ronny.

Pada pembukaan, saham GTRA berada di level Rp202 atau menguat 34,67% dari posisi awal. Frekuensi perdagangan tercatat 1.327 dengan volume perdagangan 6,24 juta dan nilai transaksi sebesar Rp1,26 miliar.

Baca juga: Dukung Pengembangan dan Inovasi Cloud, Eranyacloud Lakukan IPO

Setelah IPO, Ronny meyakini pihaknya akan mampu meraih pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan di tengah pesatnya perkembangan industri jasa angkutan darat di dalam negeri.

"Pencatatan perdana saham GTRA di Bursa Efek Indonesia menjadi capaian penting bagi pertumbuhan bisnis Graha Trans, serta bagi perkembangan industri jasa logistik di Tanah Air maupun industri pasar modal," kata Ronny.

Graha Trans akan menggunakan 64,8% dana hasil IPO atau sekitar Rp36,8 miliar untuk belanja modal berupa pembelian 38 unit truk. Langkah itu dilakukan untuk memenuhi permintaan tambahan dukungan unit dari pelanggan.

Sementara, sisanya yaitu sebesar 35,2% akan disishkan untuk modal kerja terkait dengan

"Jumlah armada truk yang meningkat akan berbanding lurus dengan kenaikan penjualan maupun beban langsung," tuturnya.

Sebagai informasi, kegiatan usaha utama Graha Trans meliputi angkutan darat untuk barang umum. Sebagian ebsar pelanggan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Fast Moving Consumer Good (FMCG). Per hari ini, mereka memiliki 1.039 unit armada yang terdiri dari berbagai jenis kendaraan mulai dari Colt Diesel Engel (CDE), Colt Diesel Double (CDD), CDD Long, Engel Fuso dan Tronton Wing Box. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat