visitaaponce.com

Ekspektasi Penurunan Suku Bunga Fed Rate Mendorong Santa Clause Rally

Ekspektasi Penurunan Suku Bunga Fed Rate Mendorong Santa Clause Rally
Pergerakan IHSG dalam sepekan mengejar momen Santa Clause Rally,(MI/Adam Dwi)

MENJELANG penutupan liburan, pasar saham masih bergerak masif kisaran level 7.274,84. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tampaknya sedang mengejar momen Santa Clause Rally, yaitu fenomena yang kenaikan di pasar saham pada minggu terakhir bulan Desember melalui 2 hari perdagangan pertama di bulan Januari.

Ini terjadi meski tidak banyak indikator peristiwa data ekonomi yang sedemikian kuat. Dari Amerika, tidak banyak yang bisa kita nantikan selain data ketenagakerjaan, mulai dari Initial Jobless Claims, Continuing Claims dan JOLTS Job Openings yang diproyeksikan naik tipis dari sebelumnya.

Begitu juga dengan data PMI Manufacturing Amerika yang diproyeksikan naik dari sebelumnya 48,2 menjadi 48,4 – 48,7.

Baca juga: Pertahankan Suku Bunga, BI Dinilai Berkomitmen pada Stabilitas Rupiah

Dari Tiongkok, pelaku pasar menantikan data Industrial Profits (yoy) yang akan keluar Rabu (27/12), diikuti dengan data PMI Manufacturing dan Non-Manufacturing yang diproyeksi naik meski tipis.

Dari Jepang, akan hadir data penjualan ritel/ Retail Sales (yoy) yang diproyeksikan naik dan data Industrial Production (yoy) yang diproyeksi turun dari sebelumnya.

Baca juga: Dunia Usaha Apresiasi Keputusan BI Tahan Suku Bunga

"Tidak banyak data penggerak pasar pekan ini, namun harapan terjadinya Santa Clause Rally kian besar begitupun dengan potensi koreksinya," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Rabu (27/12).

Indeks S&P 500 diperdagangan 0,5% dari level tertinggi sepanjang masa yaitu 4.796,56. Meski level overbought terus menunjukkan pelebaran, namun pelaku pasar dan investor dipengaruhi oleh persepsi dan ekspektasi yang berlebihan terhadap potensi penurunan tingkat suku bunga pada bulan Maret 2024.

Sejak tahun 1969, S&P 500 selalu memperoleh keuntungan dengan rata-rata rata 1,3% dalam kurun waktu 7 hari, dimana 5 hari perdagangan akhir tahun dan 2 hari di awal tahun.

"Sejauh mana indeks global mampu bertahan di area penguatan, sejauh itu pula persepsi dan ekspektasi pelaku pasar dan investor terhadap potensi penurunan tingkat suku bunga terjaga," kata Nico

Apalagi volume perdagangan mulai turun secara keseluruhan dan adanya beberapa perdagangan yang tutup, mulai dari Kanada, Selandia Baru, Australia hingga Eropa.

Di tengah meningkatnya persepsi dan ekspektasi akan potensi pemulihan yang lebih besar pada tahun depan, maka banyak dari negara-negara juga bersiap untuk bisa mengikuti arus pemulihan.

"Hanya saja memang belum 100% kuat, karena pasar masih rapuh untuk menahan tingginya ekspektasi tersebut," kata Nico. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat