visitaaponce.com

Dunia Usaha Apresiasi Keputusan BI Tahan Suku Bunga

Dunia Usaha Apresiasi Keputusan BI Tahan Suku Bunga
Logo Bank Indonesia(Dok.MI)

DUNIA usaha mengapresiasi keputusan Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuan (BI Rate) di level 6%. Hal itu dinilai mampu menjaga stabilitas ekonomi makro dan memberikan sedikit ruang bagi pebisnis untuk melakukan usaha meski terbatas.

"Kami mengapresiasi keputusan BI untuk mempertahankan suku bunga acuan di level 6%. Ini kami rasa sangat prudent," ujar Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani saat dihubungi, Kamis (21/12).

Langkah BI mempertahankan suku bunga acuan juga sejalan dengan kondisi inflasi nasional yang masih berada dalam rentang kisaran target. Itu menurut Shinta patut dijaga lantaran dalam tiga bulan terakhir ada kecenderungan peningkatan inflasi akibat kenaikan harga-harga bahan pangan.

Baca juga: Ekonomi Indonesia masih Berpotensi Terdampak Kondisi Global

Selain itu, faktor eksternal yang memengaruhi stabilitas makro ekonomi domestik juga cenderung mengalami stabilisasi. Dengan kata lain, tak ada risiko besar yang harus diantisipasi oleh BI melalui penaikan suku bunga. Karenanya, langkah mempertahankan level BI Rate patut diapresiasi.

"Kebijakan mempertahankan tingkat suku bunga saat ini kami rasa sudah sangat tepat, meskipun belum ideal untuk mendongkrak kinerja usaha dan pertumbuhan ekonomi ke level yang lebih tinggi," kata Shinta.

Baca juga: Suku Bunga AS Diyakini Turun pada Semester II 2024

Dia menambahkan, keputusan BI mempertahankan BI Rate juga akan memberi dampak positif bagi sektor riil. Sebab, pelaku usaha tak perlu khawatir soal risiko kenaikan beban usaha dan penurunan daya beli pasar yang umumnya terjadi pascakenaikan suku bunga acuan.

"Dengan demikian, kami bisa lebih fokus pada peningkatan kinerja usaha dengan memanfaatkan momentum konsumsi akhir tahun," terang Shinta.

Dunia usaha, sambungnya, berharap agar BI tetap waspada dalam upaya menjaga stabilitas makro. Itu juga perlu diikuti dengan penciptaan stabilitas nilai tukar dan inflasi melalui optimalisasi instrumen-instrumen intervensi lain seperti SRBI (Sekuritas Rupiah Bank Indonesia) maupun SVBI (Sekuritas Valas Bank Indonesia).

BI juga tetap perlu menjadikan upaya penaikan suku bunga sebagai upaya terakhir. "Saat ini pun pelaku usaha sudah merasa tingkat suku bunga riil tidak kompetitif bila dibandingkan negara-negara ASEAN-5 dan tidak affordable, khususnya bagi UMKM, sehingga ekspansi kinerja usaha menjadi terbatas," kata Shinta.

"Karena itu, bila tren inflasi global di negara-negara utama dunia sudah turun secara stabil, risiko monetary tightening global mereda, dan faktor geopolitik lain yang dapat menciptakan inflasi domestik cenderung stabil, kami berharap BI bisa segera melakukan relaksasi/penurunan suku bunga ke level yang bersaing agar ekspansi kinerja usaha dan pertumbuhan ekonomi bisa didongkrak lebih tinggi daripada saat ini," pungkas dia. (Mir/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat