visitaaponce.com

BI Optimistis Ekonomi Indonesia tetap Kuat di 2023

BI Optimistis Ekonomi Indonesia tetap Kuat di 2023
Logo Bank Indonesia.(MI/SUSANTO)

BANK Indonesia (BI) optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tetap tangguh di tahun 2023 di tengah ketidakpastian global, melanjutkan pertumbuhan ekonomi tahun lalu.

"Indonesia tumbuh pada 2022, bahkan pada paruh kedua 2022 pertumbuhan Indonesia lebih tinggi daripada paruh awal 2022 yang berbeda dengan negara lain," kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter BI Firman Mochtar dalam Webinar Asian Development Outlook April 2023 yang diikuti virtual di Jakarta, Selasa (4/4).

Firman menuturkan ada banyak tantangan antara lain konflik Rusia dan Ukraina yang masih berlanjut, tingginya harga komoditas, dan olatilitas di keuangan global. Namun di tengah tantangan tersebut, ekonomi Indonesia masih tumbuh lebih tinggi dari negara-negara lain.

Baca juga: ADB Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI Moderat Pada 2023 dan 2024

"Kami setuju bahwa sebagian besar itu dipicu oleh surplus pada keseimbangan dagang yang menciptakan prospek yang lebih baik dan kinerja yang lebih baik bagi Indonesia," tuturnya.

Baca juga: BI: Likuiditas Perekonomian Tumbuh Positif

Ia mengatakan pertumbuhan yang tetap solid tersebut didukung oleh stabilitas di berbagai bidang dimulai dari nilai tukar rupiah yang tetap terjaga sejalan dengan langkah stabilisasi Bank Indonesia, inflasi yang terkendali, pertumbuhan kredit yang meningkat, sistem keuangan yang tetap sehat, peningkatan permintaan domestik dan ekspor, dan pembukaan ekonomi Tiongkok. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat