visitaaponce.com

Tekan Kecelakaan Aset, Pertamina Didesak Bikin Direktorat Baru

Tekan Kecelakaan Aset, Pertamina Didesak Bikin Direktorat Baru
Wakil Ketua Komisi VII Eddy Soeparno(MGN / Theofilus Ifan Sucipto)

PT PERTAMINA (Persero) diminta membuat direktorat baru. Direktorat itu berfungsi menekan angka kecelakaan aset Pertamina.

"Mendesak Direktur Utama Pertamina (Nicke Widyawati) membentuk direktorat khusus dalam menangani health, safety, security, and environment (HSSE)," kata Wakil Ketua Komisi VII Eddy Soeparno dalam rapat dengar pendapat (RDP) di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa, 4 April 2023.

Eddy mengatakan wacana itu juga telah dibahas dalam RDP sebelumnya dengan Pertamina. Kala itu, mereka mengevaluasi kebakaran Depo Plumpang, Jakarta Utara.

Baca juga : Pertamina Diusulkan Gandeng BRIN Rancang Sistem Keamanan Aset

"Tapi kami minta jangan sampai HSSE tidak diberi kewenangan melaksanakan tugasnya dan sekadar direktorat kambing hitam," ujar politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Baca juga : Pertamina Tingkatkan Kehandalan Kilang dengan Standar Internasional

Eddy tidak ingin HSSE yang dituduh atau dikorbankan bila terjadi kecelakaan aset Pertamina di waktu mendatang. Peran HSSE memang penting namun harus didukung para petinggi Pertamina.

"Direktorat HSSE harus mampu memberi fokus dan perhatian khusus terhadap masalah keamanan dan keselamatan kerja," tegas dia.

Selain itu, Eddy mendorong jajaran Pertamina membenahi diri. Nicke dinilai salah satu Direktur Utama Pertamina yang paling cakap yang Eddy kenal.

"Tapi perlu saya tegaskan direksi lain harus ikut, jangan Dirutnya saja yang mampu tapi tidak didukung direksi lain," ucap dia.

Dentuman keras disertai getaran kuat diduga berasal dari Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina RU II Dumai, Provinsi Riau, pada Sabtu malam, 1 April 2023, hingga mengakibatkan kebakaran. Operasional kilang dihentikan sementara. (Z-8)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat