visitaaponce.com

Ekonomi Kanada Sukses Tambah Lebih Banyak Pekerjaan pada Maret

Ekonomi Kanada Sukses Tambah Lebih Banyak Pekerjaan pada Maret
Karyawan bekerja di Balai Pertemuan Bombardier Challenger selama Hari Investor Bombardier 2023 pada 23 Maret 2023, Dorval, Quebec, Kanada.(AFP/Andrej Ivanov.)

PEREKONOMIAN Kanada menghadirkan 35.000 pekerjaan pada Maret. Tingkat pengangguran tetap stabil pada 5%. Ini mendekati rekor terendah untuk bulan keempat berturut-turut.

Itu dikatakan Statistics Canada, Kamis (6/4). Penciptaan lapangan kerja meningkat di Maret. Angkanya berfluktuasi setelah Februari naik 22.000, peningkatan signifikan di Desember naik 69.000, dan Januari naik 150.000.

"Itu hasil yang lebih kuat dari yang diharapkan. Para ekonom sebelumnya hanya memperkirakan sedikit peningkatan pekerjaan," kata Royce Mendes, analis Desjardins Group.

Baca juga: Samsung Perkirakan Laba Kuartal Pertama Anjlok 95%

Pekerjaan meningkat di sektor swasta dan tetap stabil di sektor publik dan wiraswasta. Pertumbuhan ketenagakerjaan sangat kuat di sektor transportasi, keuangan, dan asuransi, tetapi menurun di sektor konstruksi dan sumber daya alam.

Upah rata-rata per jam untuk karyawan naik lebih dari 5% dari tahun lalu mencapai CAD$33,12 (US$24,56) di Maret. Tingkat pengangguran tidak bergerak sejak turun sedikit pada Desember atau mendekati rekor terendah 4,9% yang tercatat di Juni dan Juli.

Baca juga: IMF: Pertumbuhan Global Turun di Bawah 3% pada 2023

Menurut Statistik Kanada, sebagian besar pengangguran telah tidak bekerja selama 13 minggu atau kurang. Proporsi pengangguran jangka panjang ialah mereka yang menganggur selama 27 minggu atau lebih mencapai 16% alias turun dari 20,3% tahun sebelumnya. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat