visitaaponce.com

Tiga Perusahaan Eropa Sampaikan Minat Investasi di Indonesia

Tiga Perusahaan Eropa Sampaikan Minat Investasi di Indonesia
Presiden Joko Widodo bertemu dengan pemimpin perusahaan Eropa di jerman, Minggu (16/4).(BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bisnis dengan tiga pemimpin perusahaan Eropa di Hotel Kastens Luisenhoff, Hannover, Jerman, Minggu (16/4). Dalam pertemuan itu, tiga korporasi yaitu BASF, Eramet, dan Volkswagen melalui PowerCo, menyampaikan minat untuk berinvestasi di Indonesia.

 

"BASF menyampaikan secara langsung minat kepada Bapak Presiden Jokowi untuk melakukan investasi di Maluku Utara dalam rangka pembangunan ekosistem baterai mobil,” ujar Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang mendampingi Kepala Negara dalam pertemuan tersebut.

 

Nilai investasinya, sambung Bahlil, diperkirakan mencapai US$2,6 miliar dolar AS.

Baca juga: Kadin Yakin Lawatan Presiden ke Jerman Berdampak Besar

Dalam prosesnya, BASF akan menggandeng Eramet untuk menciptakan ekosistem baterai mobil yang mengedepankan praktik usaha yang memperhatikan faktor environmental, social and governance (ESG), serta menggunakan energi hijau. Proses pembangunannya akan mulai dilakukan akhir tahun ini.

Sementara, perusahaan Volkswagen melalui PowerCo, juga turut menyampaikan keinginannya membangun ekosistem baterai mobil di Indonesia. Mereka ingin melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan termasuk perusahaan nasional.

Baca juga: Jokowi Tunjuk Luhut jadi Ketua Pengarah Satgas Tata Kelola Sawit

Bahlil menilai hal tersebut merupakan momentum yang tepat untuk menunjukkan bahwa Indonesia secara terbuka memberikan peluang investasi kepada perusahaan di seluruh dunia.

"Ini sebagai bentuk investasi yang inklusif dan sekaligus untuk menganulir cara pikir orang bahwa seolah-olah pengelolaan tambang kita di Indonesia tidak memperhatikan kaidah-kaidah yang ada pada standar internasional," tandas Bahlil. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat