visitaaponce.com

Jokowi Tunjuk Luhut jadi Ketua Pengarah Satgas Tata Kelola Sawit

Jokowi Tunjuk Luhut jadi Ketua Pengarah Satgas Tata Kelola Sawit
Menko Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan(Antara/M Agung Rajasa)

PRESIDEN Joko Widodo menugaskan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Pengarah Satuan Tugas (Satgas) Peningkatan Tata Kelola Industri Kelapa Sawit dan Optimalisasi Penerimaan Negara.

Penugasan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2023 tentang Satuan Tugas Peningkatan Tata Kelola Industri Kelapa Sawit dan Optimalisasi Penerimaan Negara yang ditandatangani oleh presiden pada 14 April 2023.

Berdasarkan salinan Keppres yang diterima, Minggu (16/4), Jokowi membawahkan langsung Satgas Tata Kelola Sawit yang terdiri atas pengarah dan pelaksana itu. 

Baca juga : Industri Sawit Indonesia Sumbang Devisa US$5,29 Miliar

Selain Luhut, ada dua Wakil Dewan Pengarah yakni Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Koordinator Politik Hukum Keamanan Mahfud MD. Satgas akan bertugas hingga 30 September 2024.

Adapun tugasnya, menetapkan kebijakan strategis dan pemetaan hak negara yang berasal dari penerimaan negara dari pajak dan bukan pajak atas pemanfaatan lahan kelapa sawit. 

Baca juga : Mentan SYL Minta GAPKI Perkuat Industri Sawit dan Perkokoh Ekonomi Nasional

Meski demikian, Satgas tidak berwenang dalam penanganan perkara di bidang hukum pidana terkait sawit yang sedang ditangani aparat penegak hukum, sedang ada upaya hukum, atau telah inkracht (berkekuatan hukum tetap). (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat