visitaaponce.com

HIPMI Mudik Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

HIPMI : Mudik Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional
KETUA Bidang Kewirausahaan, UMKM dan Koperasi Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Tri Febrianto(Dok. Pribadi)

KETUA Bidang Kewirausahaan, UMKM dan Koperasi Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Tri Febrianto mengatakan mudik lebaran menjadi momentum mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Pasalnya, perputaran uang di daerah mencapai 75% dengan sekitar 120 juta jiwa melakukan pergerakan ke kampung halaman.

“75 % perputaran uang terjadi di daerah ini yang kemudian mendorong pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia," kata Tri, Jumat (21/4), melalui keterangan persnya.

Baca juga : Hingga H-2 Lebaran, 799 Ribu Kendaraan telah Melintasi Tol Cipali

Lebih lanjut Ia mengatakan momen mudik lebaran 2023 berdampak terhadap pergerakan ekonomi di daerah yang memicu terjadinya kenaikan omset bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Mudik lebaran tahun ini sangat berdampak bagi peningkatan UMKM," ujarnya.

Baca juga : Puluhan Ribu Pemudik Tiba di Tegal

Tri Febrianto mendorong pelaku UMKM yang telah naik kelas untuk melakukan kolaborasi dengan UMKM baru untuk bersama-sama membangun ekonomi nasional Indonesia.

“Kolaborasi para pelaku UMKM diyakini dapat meningkatkan, mengembangkan, memperluas jangkauan bisnis para pelaku UMKM," ungkap Tri.

Menurut Tri, kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia dengan jumlah usaha yang mencapai jutaan seluruh Indonesia yang menjadi salah satu bidang usaha yang dapat berkembang dan konsisten dalam perekonomian nasional.

“Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi wadah yang baik bagi penciptaan lapangan pekerjaan," pungkasnya. (RO/z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat