visitaaponce.com

Kontraktor Jadi Dalang Pencurian Besi Proyek Kereta Cepat

Kontraktor Jadi Dalang Pencurian Besi Proyek Kereta Cepat
Teknisi memeriksa kereta cepat Jakarta-Bandung(Antara Foto/ Mubarak )

GENERAL Manager Corporate Secretary Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Rahadian Ratry menegaskan pelaku pencuri besi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang ditangkap Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Bandung bukan merupakan pegawai KCIC, melainkan pekerja dari salah satu kontraktor yang terlibat dalam proyek kereta cepat.

Diketahui bahwa Satreskrim Polresta Bandung telah menangkap tiga pelaku yang mencuri 200 kilogram besi proyek KCJB. Kasus pencurian ini terjadi pada, Selasa (2/5), di Stasiun KCIC Tegalluar, Bandung, Jawa Barat.

"Kami luruskan pelaku bukanlah orang KCIC melainkan pegawai dari salah satu kontraktor di proyek KCJB," ungkap Rahadian dalam keterangan pers, Sabtu (6/5).

Baca juga: Menteri PUPR Basuki Minta Inkindo jaga Kualitas Konsultan Kontraktor

Ia menuturkan seperti proyek-proyek pembangunan lainnya, selalu ada pihak-pihak yang mencoba mengambil komponen atau barang yang bukan haknya karena merasa itu merupakan hal yang sepele.

KCIC pun sebagai pemilik proyek, meminta kepada seluruh kontraktor untuk memastikan integritas seluruh petugas yang dipekerjakannya dan meningkatkan keamanan pembangunan proyek KCJB.

Baca juga: Anggaran Kereta Cepat Membengkak Bukti RI Masuk Jebakan Utang Tiongkok?

Kontraktor yang terlibat diminta untuk memperketat keamanan di area proyek, melakukan rekrutmen yang selektif, serta memanfaatkan penggunaan teknologi dalam hal pengamanan misalnya dengan CCTV di berbagai titik rawan.

"Meski ada kejadian ini, KCIC memastikan pembangunan proyek KCJB secara keseluruhan tetap berjalan sesuai jadwal yang direncanakan," tegas Rahadian.

KCIC mengapresiasi langkah Kepolisian RI yang ikut membantu dalam mengamankan proyek KCJB dan meminimalisasi berbagai potensi gangguan yang dapat terjadi ke depannya. (Ins/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat