visitaaponce.com

Pusat Pembenihan Ikan Gabus di Sergai Raih Sertifikat CPIB

Pusat Pembenihan Ikan Gabus di Sergai Raih Sertifikat CPIB 
Koperasi Kota Galuh Mandiri yang membudidayakan nenih ikan gabus meraih CPIB dari Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya, KKP.(Ist)

PUSAT Pembenihan ikan gabus di Serdang Bedagai (Sergai), Sumatra Utara (Sumut) berhasil meraih prestasi gemilang atas keberhasilannya membudidayakan ikan gabus yang pertama yang terintegrasi ke industri di Indonesia.

Pusat Pembenihan ikan gabus di Sergai juga berhak mendapatkan Sertifikat Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) dari Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). 

Penyerahan sertifikat dilakukan di Desa Kota Galuh Kecamatan Perbaungan, Sergai, bertempat di Farm Budi Daya Koperasi Kota Galuh Mandiri, Jumat (12/5).

Baca juga: Olahan Ikan Gabus Didorong Jadi Produk Pangan Nasional Untuk Tangani Stunting

Koperasi Kota Galuh Mandiri sendiri adalah peternakan budi daya ikan gabus binaan PT Mega Medica Pharmaceuticals (MMP), industri farmasi yang memproduksi obat dari bahan ikan gabus.

Gunakan Internet of Things yang Kerja Sama dengan (Binus)

Dalam pengembangan budi daya ikan gabus juga menggunakan menerapkan teknologi IoT (Internet of Things) yang bekerja sama dengan Binus University (Binus).

Baca juga: Asal Usul Ikan Channa, Ada yang Seharga Mobil

Direktur MMP, Sutristo, mengatakan cara pembenihan ikan yang baik (CPIB) merupakan standar sistem mutu perbenihan paling sederhana atau dasar yang harus diterapkan oleh pembenih ikan dalam memproduksi benih ikan yang bermutu.

Dalam produksi benih ikan, dilakukan denga cara melakukan manajemen induk, pemijahan, penetasan telur, pemeliharaan larva/benih dalam lingkungan yang terkontrol melalui penerapan teknologi yang memenuhi persyaratan SNI atau persyaratan teknis lainnya, serta memperhatikan biosecurity, mampu telusur (traceability) dan keamanan pangan (food safety).

Baca juga: Kemenko Marves Apresiasi Pemkab Sergai dan Mitra Kembangkan Ikan Gabus

Sutristo mengapresiasi penyerahan sertifikat CPIB ini, karena mutu ikan gabus yang  berasal dari Serdang Bedagai telah sudah standard SNI.

 “Dengan adanya standar CPIB yang telah didapatkan oleh Koperasi Kota Galuh Mandiri, keberlangsungan bahan baku ikan gabus lebih terjamin," jelasnya.

"Selain itu, suplai bahan baku ikan gabus sudah terstandar dengan mutu yang baik,” kata Sutristo kepada wartawan di sela sela kegiatan penyerahan sertifikat CPIB.

“Budi daya ikan gabus ini bahkan sudah berhasil mendapatkan ikan gabus F3, kemungkinan akhir tahun ini kita akan dapat F4 atau keturunan keempat,” terang Sutristo. (RO/S-5) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat