visitaaponce.com

Asal Usul Ikan Channa, Ada yang Seharga Mobil

Asal Usul Ikan Channa, Ada yang Seharga Mobil
Seekor ikan hias predator jenis Toman (Channa micropeltes) berenang di dalam akuarium di Pameran Fish-Tival 2022 di Pontianak, Kalbar.(Antara/Jessica Helena Wuysang.)

PENGGEMAR ikan hias akhir-akhir ini sedang ramai membicarakan salah satu jenis ikan air tawar yang bernama Channa. Di Indonesia, ikan itu kita kenal sebagai ikan gabus. 

Ikan itu memiliki corak artistik yang diminati banyak orang. Berikut penjelasannya.

Apa itu ikan Channa?

Jenis ikan Channa atau gabus memiliki nama famili dari ikan gabus atau nama Channa yang merujuk ke istilah familia Channidae. Ikan ini lebih dikenal oleh masyarakat umum dengan nama snakehead emperor atau kaisar kepala ular dibanding ikan Channa. Ikan ini tersebar di perairan Asia hingga Afrika.

Ikan Channa tidak memerlukan banyak hal untuk pemeliharaannya. Oksigen yang dibutuhkan ikan ini juga dalam jumlah yang begitu minim.

Fosil ikan Channa yang berasal dari 50 juta tahun yang lalu menunjukkan bahwa ikan itu berasal dari Himalaya Selatan yaitu wilayah pegunungan yang membentang dari India hingga Pakistan Timur. Lalu ikan ini menyebar melalui zona iklim intertropis yang meluas ke sebagian Eropa, Afrika, dan sebagian besar Asia.

Ikan jenis ini merupakan spesies yang endemik di India Utara, tepatnya Sungai Brahmaputra (Assam utara dan Nagaland) Selama musim dingin, ikan Channa barca akan bersembunyi di liang dengan kedalaman maksimum 1 meter dan biasanya satu liang akan menampung spesimen soliter atau pasangan.

Harga ikan channa mahal

Karena kelangkaannya, ikan ini begitu diminati di pasar internasional dan rentan terhadap perdagangan ilegal. Itulah penyebab kemahalan harga dari ikan ini. 

IUCN memasukkan ikan Channa barca ke kategori sangat terancam punah. Ini karena habitatnya di Bangladesh telah hilang pada 2014.

Daftar ikan channa termahal

1. Channa barca Rp25 juta hingga Rp50 juta.
2. Channa marulioides sekitar Rp3 jutaan.
3. Channa melasoma sekitar Rp150 ribu hingga Rp3 jutaan.
4. Channa stewartii Rp400 ribu hingga Rp2 jutaan.
5. Channa argus Rp1,5 jutaan.
6. Channa aurantimaculata Rp750 ribu hingga Rp1,5 jutaan.
7. Channa striata albino Rp120 ribu hingga Rp1 jutaan. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat