visitaaponce.com

5 Manfaat Konsumsi Ikan Baronang Bagi Kesehatan

5 Manfaat Konsumsi Ikan Baronang Bagi Kesehatan
Ikan bakar baronang.(MI/FERDIAN ANANDA MAJNI)

TAHUKAH Anda? Mengonsumsi ikan baranong dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan lho. Yuk simak penjelasannya.

Ikan baronang merupakan salah satu jenis ikan laut yang banyak ditemukan di perairan Asia seperti Indonesia, Filipina, dan Maldives. 

Ikan dengan daging lembut dan rasa lezat ini mengandung banyak nutrisi  yang baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, ikan baronang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca juga : Cara Mengolah Daun Kelor untuk Obat Herbal yang Baik bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah lima manfaat mengonsumsi ikan baronang bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan baronang tampaknya memberikan efek positif bagi kesehatan jantung. Pasalnya, nutrisi ini terbukti mampu mengurangi peradangan dalam tubuh, menurunkan kadar trigliserida, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Baca juga : Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan Tubuh

Selain omega-3, ikan baronang yang kaya kalium juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan mengendalikan tekanan darah. Manfaat ikan baronang bagi kesehatan jantung telah diteliti dalam penelitian tahun 2013 yang dilakukan di Universitas Harvard. Penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan baronang memiliki risiko lebih rendah terkena stroke, penyakit  jantung, dan diabetes tipe 2.

2. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi yang dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Salah satu pemicu tekanan darah tinggi adalah mengonsumsi garam lebih dari 1.500 miligram per hari.

Baca juga : 5 Manfaat Kulit Udang untuk Kesehatan Tubuh

Untuk mencegah tekanan darah tinggi, sebaiknya jaga asupan garam tetap seimbang dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium seperti ikan baronang. Kalium membantu mengontrol kadar garam dalam tubuh. Semakin banyak klaium yang dikonsumsi, semakin banyak garam yang  dikeluarkan melalui urine.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan asam omega-3 dan DHA yang terdapat pada ikan baronang diketahui dapat meningkatkan fungsi otak, terutama pada bayi dan anak-anak. Selain mengandung asam lemak omega-3 dan DHA, ikan ini juga mengandung kolin yang membantu membentuk membran sel otak dan neurotransmiter. 

Baca juga : Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Sebuah studi tahun 2016 dari University of California menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan baronang terbukti memiliki kinerja lebih baik dalam tes memori. Faktanya, konsumsi ikan ini secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.


4. Mengoptimalkan Sistem Metabolisme

Komponen nutrisi yang terkandung dalam daging ikan baronang diyakini sangat berperan positif dalam sistem metabolisme tubuh.

Berdasarkan artikel International Food Research Journal, daging ikan baronang diketahui memiliki kandungan asam amino yang relatif tinggi. Asam amino ini berperan sebagai senyawa yang mengoptimalkan sistem metabolisme  tubuh.

Asam amino yang terkandung pada ikan ini meliputi asam amino esensial dan asam amino non esensial. Diketahui asam amino glutamate mencapai kurang lebih 2 mg dalam 100 gram daging ikan. 

5. Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Mengonsumsi ikan baronang secara rutin merupakan salah satu cara menjaga kesehatan organ reproduksi dan meningkatkan kesuburan.

Sebab, kandungan seng yang terdapat pada ikan baronang terlibat dalam produksi hormon seks dan sperma. Lalu ada protein yang membantu memperbaiki organ reproduksi, serta ada asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam mengatur hormon reproduksi dan meningkatkan kualitas sel telur. (P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat