visitaaponce.com

Bukukan Pendapatan Rp1,10 Triliun, Modernland Realty Tunjukan Kinerja Positif

Bukukan Pendapatan Rp1,10 Triliun, Modernland Realty Tunjukan Kinerja Positif 
Sepanjang 2022, Modernland Reality membukukan pendapatan sebesar Rp1,10 triliun. (Modernland Reality)

PT Modernland Realty Tbk mencatat kinerja positif sepanjang 2022 meskipun pendapatan perusahaan tidak semoncer sebelumnya pada 2021. Sepanjang 2022, Perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp1,10 triliun. 

Hal ini diungkapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) bertempat di Club House Jakarta Garden City, Jakarta Timur. 

“Pada 2021 ada pengakuan pendapatan dari transaksi divestasi saham PT Astra Modern Land sebesar Rp1,00 triliun. Sehingga pendapatan 2021 tercatat sebesar Rp2,01 triliun,” ungkap Direktur PT Modernland Realty Tbk. Herman dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (19/5).

Baca juga: Sentra Bisnis Modern Hub Mulai Dibangun

Pendapatan sepanjang 2022 sebesar Rp1,10 triliun, disumbang paling besar dari penjualan pemasaran yakni sebesar Rp861 miliar. Segmen residensial memberikan kontibusi terbesar yaitu 60% dari total penjualan diikuti oleh segmen industrial sebesar 22% dan sisanya merupakan pendapatan dari segmen hospitality.
 
Segmen residensial membukukan marketing sales sebesaf Rp520 miliar. Kontribusi penjualan terbesar berasal dari proyek Jakarta Garden City melalui peluncuran extension cluster Mahakam The Signature dan The Essence @Yarra. Selain itu, peluncuran ruko Modern Hub di Kota Modern juga ikut berkontribusi. 

Baca juga: Usung Konsep Instagramable Modernland ubah Kantor Pemasaran JGC
 
Direktur PT Modernland Realty Tbk. David Iman Santosa menyampaikan, untuk segmen industrial, Perseroan membukukan marketing sales sebesar Rp190 miliar. Segmen ini naik 58% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 121 miliar. 

“Terlepas dari ketidakpastian makro ekonomi dan situasi geopolitik, Perseroan berharap segmen industrial dapat mengalami pertumbuhan terutama untuk menjangkau kebutuhan akan permintaan lahan logistik yang sedang tumbuh,” jelas dia. 

Sedangkan di segmen hospitality dan segmen lainnya perseroan membukukan marketing sales sebesar Rp150 miliar. 

“Meski demikian, perseroan optimis bahwa anak usaha Modern Golf and Country Club dapat meningkatkan kinerja dan pelayanannya, begitu pula dengan kinerja dari hotel-hotel yang dikelola oleh Perseroan,” kata dia.

Laba Bersih

Direktur PT Modernland Realty Tbk. Herman Hingga kembali mengatakan, hingga akhir 2022, laba bersih Perseroan tahun berjalan tercatat sebesar Rp20,17 miliar. 

Laba tersebut tetap dikatakan meningkat sebesar 148%. Besarnya pendapatan laba 2022 dihasilkan dari turunnya beban keuangan Perseroan dari selesainya proses restrukturisasi utang obligasi USD pada akhir 2021. Selain itu, adanya pengakuan pendapatan dari penebusan utang obligasi USD juga ikut berkontribusi. 

Diketahui, meski pendapatan perusahaan tidak lebih besar dari pada 2021 sebelumnya, namun beban pokok pendapatan 2022 turun sebesar 18,32%. Beban pendapatan 2022 turun menjadi Rp535,87 miliar dari sebelumnya Rp656,04 miliar. 

Strategi 2023

Direktur Utama PT Modernland Realty Tbk., William Honoris menambahkan, Perseroan tetap meyakini bahwa penjualan pada tahun 2023 dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Sebab dengan kembali normalnya kegiatan usaha dan mobilitas masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat. 

“PT Modernland Realty Tbk. bersyukur mampu melewati tahun 2022 yang penuh tantangan. Meskipun ada kelanjutan penyebaran covid-19 varian dan subvarian baru serta pecahnya perang Rusia dan Ukraina yang berdampak pada perekonomian global dan secara tidak langsung menambah tekanan terhadap perekonomian dalam negeri,” kata dia. 

Ia menjelaskan, untuk 2023 mendatang dari segmen residensial, Perseroan tengah meluncurkan Cluster Water Front di Kota Modern. Tak hanya itu, pihaknya berencana meluncurkan produk baru baik rumah tapak di Jakarta Garden City site A & C, maupun ruko yang tersebar diseluruh proyek Perseroan dengan harga penjualan yang terjangkau.

Pada segmen industrial, perseroan tengah mempelajari peluang akan permintaan kebutuhan lahan logistik yang sedang diminati khususnya di wilayah timur Jakarta.

Direktur PT Modernland Realty Tbk. Dharma Mitra, Perseroan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat. Pihaknya juga melaksanaan berbagai kegiatan sosial kepada masyarakat dan lingkungan dengan mematuhi hukum-hukum yang berlaku. (RO/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat