visitaaponce.com

Pengangguran dan Kemiskinan Turun, Pertumbuhan Ekonomi Disebut Berkualitas

Pengangguran dan Kemiskinan Turun, Pertumbuhan Ekonomi Disebut Berkualitas
Menteri Keuangan Sri Mulyani(Antara )

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini cukup berkualitas. Pasalnya, angka pertumbuhan di triwulan I 2023 yang mencapai 5,03% diikuti oleh penurunan tingkat pengangguran dan kemiskinan.

"Ini tentu suatu kemajuan yang sangat baik dan sesuai dengan tujuan kita, tidak hanya dari sisi pertumbuhan namun juga dari sisi kualitas pertumbuhan dilihat dari pengangguran maupun kemiskinan," ujarnya dalam konferensi pers APBN secara daring, Senin (22/5).

Tingkat pengangguran Indonesia pada Februari 2023 tercatat sebanyak 7,99 juta orang. Itu setara 5,45% dari total angkatan kerja yang mencapai 146,62 juta orang. Jumlah pengangguran tersebut turun dari jumlah pengangguran tahun lalu yang tercatat sebanyak 8,42 juta orang.

Baca juga: Sri Mulyani : Hilirisasi Dorong Indonesia Keluar dari Fragile Five

Sri Mulyani menambahkan, tingkat kemiskinan di Indonesia juga mengalami penurunan. Per Januari 2023 tingkat kemiskinan di Indonesia tercatat 9,57%, turun dari posisi saat pandemi covid-19 yang sempat menyentuh 10,19%.

Penurunan tingkat pengangguran dan kemiskinan itu disebut menunjukkan kualitas pertumbuhan ekonomi nasional. Hal yang saat ini perlu diwaspadai adalah tekanan dari eksternal. Hal tersebut sedianya dapat terlihat dari kinerja perdagangan yang mulai menunjukkan pelandaian.

Baca juga: Miris, 7,99 Juta Orang Indonesia Berstatus Pengangguran Terbuka

"Yang perlu kita lihat dan waspadai adalah sektor eksternal nilai ekspor kita mengalami penurunan," tutur Sri Mulyani. (Mir/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat