visitaaponce.com

Kementan Gencarkan Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian

Kementan Gencarkan Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian
PPIU Jabar menggelar Bimtek bagi Calon Pembimbing PWMP 2023.(Ist)

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) terus memfasilitasi generasi muda agar dapat terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian, salah satunya dengan Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) bagi siswa dan mahasiswa. 

Terbaru, kini diluncurkan PWMP yang dilakukan Program YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Services) PPIU (Provincial Project Implementation Unit) Jawa Barat tahun 2023, menyasar pada mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) khususnya Polbangtan Bogor semester 2 dan semester 4 .

Menteri Pertanian (Mentna) Syahrul Yasin Limpo meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

Baca jugaKoordinasi Pemkab Tanah Laut, Kementan Kawal Regenerasi Petani Kalsel

"Pendidikan vokasi punya peran penting hasilkan petani milenial yang berjiwa entrepreneur. Melalui pendidikan vokasi kita menghubungkan dengan industri-industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru," katanya.

Generasi Muda Jadi Job Creator Bidang Pertanian

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengharapkan generasi muda khususnya mahasiswa Polbangtan di seluruh indonesia dapat mengembangkan peluang yang ada.

“Program PWMP diharapkan mampu mendorong generasi muda pertanian menjadi job creator di bidang pertanian," katanya.

Program YESS PPIU Jawa Barat mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Calon Pembimbing PWMP 2023 di Hotel Horison Bhuvana, Senin (22/5). 

Baca juga: Kementan Terus Dorong Program Cetak 2,5 Juta Petani Milenial

Kegiatan serupa dilaksanakan secara serentak oleh PPIU seluruh Indonesia yakni Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan. Pada 2023, alokasi penerima PWMP sebanyak 25 orang yang dilakukan secara individu.

Salah satu program andalan Kementan yang dilaksanakan adalah Program YESS yang bertujuan untuk regenerasi petani, salah satunya PWMP, program yang berjalan sejak 2020 sudah melahirkan ratusan wirausaha muda pertanian.

Baca juga: Polbangtan, Kementan, Perkuat Ekosistem Kewirausahaan Petani Milenial Pasuruan

Direktur Polbangtan Bogor, Syaifuddin Anwar mengatakan peran generasi muda sangat penting dalam sektor pertanian. 

"Pertanian harus didorong menjadi subsektor ekonomi yang maju, mandiri dan modern yang didukung kapasitas SDM pertanian profesional, mandiri dan berdaya saing. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat