visitaaponce.com

Pertamina akan Rilis BBM Jenis Baru Yakni Bioetanol, Campuran Pertamax dan Etanol

Pertamina akan Rilis BBM Jenis Baru Yakni Bioetanol, Campuran Pertamax dan Etanol
Petugas melakukan pengisisan bahan bakar jenis pertamax di salah satu SPBU di Jakarta Pusa(MI / Atet Pramadia)

PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan produk baru campuran bahan bakar nabati (BBN) bioetanol 5% atau E5 ke dalam bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax di bulan ini. Bioetanol merupakan campuran etanol berbasis tebu.

Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkapkan dengan peluncuran produk tersebut menjadi bagian dari upaya transisi energi dalam mengurangi ketergantungan pemakaian bahan bakar fosil.

"Kita mau launching produk baru, yaitu bioetanol. Jadi, pertamax dicampur dengan etanol," kata Nicke di Graha Pertamina, Jakarta, Selasa (6/6).

Baca juga : Resmi, Harga BBM Pertamax dan Dex Series Turun

Ia menjanjikan dengan penggunaan produk tebu secara tetes atau molases yang diolah menjadi etanol, tidak mengganggu produksi tebu dalam negeri. Dalam peluncuran produk bioetanol dengan pertamax akan dilakukan secara pilot project atau percontohan.

Baca juga : Merek dan Tipe Mobil bagi Keluarga Muda serta Harga Bekasnya

"Etanolnya itu dari molases tebu, nanti rebutan enggak dengan pabrik gula? enggak. Ini karena cuma tetes tebu saja. Sedangkan, potensi (produksi) tebu kita besar," ucap Nicke.

Sebelumnya, pemerintah telah melakukan uji coba pencampuran etanol 5% ke dalam BBM jenis pertalite di lahan milik PT Perkebunan Nusantara atau PTPN di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). 

Nicke berharap dengan pemanfaatan pencampuran bioetanol ke berbagai bahan bakar minyak dapat menjadi solusi untuk mewujudkan ketahanan energi nasional. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat