visitaaponce.com

Deretan Proyek Strategis Mind Id untuk Dukung Ekonomi

Deretan Proyek Strategis Mind Id untuk Dukung Ekonomi
Foto udara aktivitas pemurnian nikel di areal pabrik smelter milik PT Antam di Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara.(Antara/Jojon)

BUMN holding industri pertambangan Mind Id terus berupaya meningkatkan kinerjanya pada 2023. Hal itu ditunjukkan dengan beberapa proyek strategis yang dimiliki anggota grup, yaitu PT Aneka Tambang Tbk (Antam), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), dan PT Timah Tbk.

Setiap anggota Mind Id terus melakukan berbagai proyek strategis dengan progres yang cepat. Proyek strategis ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia. "Mind Id fokus mempercepat proyek-proyek strategis untuk segera bisa berkontribusi maksimal, sehingga dapat mendorong perekonomian Indonesia," kata Sekretaris Perusahaan Mind Id Heri Yusuf dalam keterangan tertulis, Kamis (15/6).

Beberapa proyek strategis yang sedang dijalankan tersebut salah satunya pembangunan smelter grade alumina refinery (SGAR) oleh Inalum. SGAR tersebut memiliki kapasitas hingga 1 juta ton per tahun.

Baca juga: Proteksionisme Bukan Satu-satunya Cara Dorong Hilirisasi

PT Timah memiliki proyek Top Submerge Lance (TSL) Ausmelt Furnace yang bisa memproduksi 40.000 ton crude tin per tahun. Rencananya, proyek ini akan menggunakan sekitar 55% kapasitas produksi di tahun pertama. Perusahaan juga akan meningkatkan kapasitas produksi secara bertahap setiap tahun sehingga pada tahun ketiga bisa mencapai 40.000 ton.

Antam juga sedang menyelesaikan pembangunan smelter feronikel. Nanti, smelter feronikel ini mampu memproduksi hingga 13.500 ton feronikel per tahun. Pembangunan smelter tembaga juga sedang dijalankan oleh PTFI. Smelter ini akan memproduksi hingga 600.000 ton katoda tembaga dan 35-50 ton emas per tahun.

Baca juga: Shell Jaga Produksi Minyak Stabil hingga 2030 Diprotes

Proyek smelter ini sekaligus menjadi wujud nyata komitmen Mind Id dalam menjalankan program hilirisasi. Smelter pengolahan komoditas dari bahan mentah menjadi bahan setengah jadi maupun produk jadi ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan negara melalui penambahan nilai dari pengolahan barang tambang.

Terkait pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), PTBA bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II di Bandara Soekarno Hatta. Sebanyak 720 solar panel system dengan kapasitas maksimal 241 kWp dibangun. Selain itu, PTBA juga bekerja sama dengan PT Jasa Marga Tbk untuk mengembangkan PLTS berkapasitas 400 kWp. PLTS tersebut dibangun di jalan tol Jasa Marga Group. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat