visitaaponce.com

Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung Diprioritaskan untuk Masyarakat Sekitar Stasiun

Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung Diprioritaskan untuk Masyarakat Sekitar Stasiun
Kereta cepat Jakarta-Bandung beroperasi pada 18 Agustus 2023.(Antara)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan masyarakat bisa menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) secara gratis dari Agustus hingga September 2023.

Kereta cepat pertama di Asia Tenggara itu akan dikenalkan ke masyarakat umum atau soft launching pada Jumat, 18 Agustus 2023 sebagai kado ulang tahun untuk kemerdekaan Indonesia ke-78.

"Kereta Cepat Jakarta-Bandung gratis untuk beberapa waktu 1,5-2 bulan nanti," kata Luhut di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu (24/6).

Baca juga : Gratis! Kereta Cepat Jakarta Bandung Bisa Dijajal hingga Akhir Bulan September

Pemerintah akan memprioritaskan masyarakat yang tinggal di wilayah sepanjang rel KCJB yakni di sekitaran Stasiun Halim sampai Stasiun Tegalluar untuk mendapatkan tiket gratis kereta yang memiliki kecepatan 350 kilometer per jam.

Selain itu, pihak aparat akan terlibat untuk mengamankan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung di sepanjang stasiun. "Sepanjang (stasiun) rel kereta api nanti ada kepolisian resor (Polres) dan Komando Distrik Militer (Kodim) setempat yang akan atur. Teknis nanti diatur mereka," jelas Luhut.

Menko Marves telah mencoba pengujian KCJB hingga kecepatan puncak operasi 350 km per jam pada Kamis, 22 Juni 2023. Adapun waktu tempuh dari Stasiun Halim ke Padalarang sekitar 32 menit dan dari Stasiun Tegalluar kembali menuju Halim selama 44 menit.

Baca juga : Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis 3 Bulan, Mulai 18 Agustus 2023

Pada Oktober, KCJB akan beroperasi secara komersial. Namun, sampai saat ini pemerintah belum mengumumkan berapa besaran tarif pasti kereta cepat.

"Kekedapan suara, goyangannya, betul-betul bagus. Kita bisa rapat di dalam tanpa terganggu suara yang keras, dan sangat baik. Ini merupakan suatu loncatan teknologi," ujar Luhut.

Menko Marves juga menyampaikan pemerintah tengah melaksanakan studi untuk perpanjangan jalur Kereta Api Cepat dari Bandung hingga ke Surabaya. Proyek tersebut akan menggandeng pihak Tiongkok. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat