visitaaponce.com

Delegasi Indonesia Dukung Misi Transformasi Energi di Sektor Pertambangan Global dalam WMC 2023

Delegasi Indonesia Dukung Misi Transformasi Energi di Sektor Pertambangan Global dalam WMC 2023
Delegasi Indonesia di World Mining Congress 2023(Dok. Pribadi)

KONGRES pertambangan internasional, World Mining Congres (WMC) di Brisbane, Australia akhir Juni 2023 menekankan transformasi dan transisi energi pada sektor pertambangan yang telah menyumbang pertumbuhan signifikan pada revolusi industri di dunia.

Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia Rizal Kasli, yang memimpin delegasi Indonesia, mengaku setuju dengan tema Resourcing Tomorrow dalam kongres tersebut. Indonesia mengirimkan 20 delegasi dalam ajang tersebut.

“Isu dan tema yang menjadi bahasan utama didalam acara konggres tersebut yaitu bagaimana semua pihak harus turut andil dalam memikul tanggung jawab untuk mewujudkan tercapaianya transformasi energi di sektor pertambangan,” ujarnya.

Baca juga : Hipmi: Hilirisasi Memberikan Manfaat bagi Indonesia 

Selain Rizal, WMC 2023 juga diikuti delegasi Indonesia dari Asosiasi Tambang Batuan Indonesia (ATBI) yang diwakili langsung oleh Direktur Eksekutif Wisnu Salman. Wisnu dalam forum tersebut  menyampaikan materi Sources of Emission in Mining Activities.

Wisnu mengatakan, dalam forum itu, semua peserta setuju pengelolaan sektor pertambangan haruslah lebih baik dari waktu ke waktu guna menjawab beragam isu global terkait permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh eksplorasi sektor pertambangan.

Baca juga : Kelimpungan Belum Dapat Izin Ekspor, Freeport: Ganggu Operasional Kami

“Direncanakan World Mining Congress ke 27 akan diadakan pada tahun 2026 di kota Lima, Peru dan diharapkan pada momenttersebut terdapat hasil progress positip atas semua kesepakatan yang telah dibahas didalam WMC ke 26 di Brisbane, Australia,” ujar Wisnu.

Selain dari pelaku usaha, delegasi Indonesia Dalam WMC juga diisi perwakilan pemerintah dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, akademisi, dan perwakilan PT Kaltim Prima Coal. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat