visitaaponce.com

Kementan Tingkatkan Kapasitas Petani Milenial di Tanah Bumbu, Kalsel

Kementan Tingkatkan Kapasitas Petani Milenial di Tanah Bumbu, Kalsel
Kegiatan Bimtek berlangsung tiga hari di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.(Ist)

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) memaksimalkan berbagai program untuk mempercepat regenerasi petani.

Upaya tersebut sejalan harapan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bahwa petani-petani muda harus bisa mengambil peran dalam pembangunan pertanian. 

"Harapannya, melalui petani-petani milenial itu akan muncul inovasi-inovasi lain yang mendorong pertanian modern, sehingga swasembada pangan di negara kita nantinya benar-benar terwujud," kata Mentan Syahrul dalam keterangan, Rabu (5/7).

Baca juga: Kementan Tingkatkan Nilai Tambah Produksi Hilir Petani Milenial

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan instansinya siap untuk terus meningkatkan kualitas SDM, salah satunya dengan regenerasi petani.

"Kami gerakkan petani milenial melalui balai pelatihan pertanian serta politeknik pembangunan pertanian. Kami ciptakan job seeker dan job creator yang siap memompa kreativitas dan produktivitas," kata Dedi Nursyamsi.

Guna menyukseskan program regenerasi petani di Indonesia khususnya di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel). Kementan melalui Program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) terus melakukan kegiatan-kegiatan pendukung regenerasi petani.

Baca juga: Didampingi Kementan, Petani Milenial Pasuruan Raih Kesuksesan

Kementan melalui Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalsel yakni SMK-PP Negeri Banjarbaru menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Wirausaha Pemula berupa Basic Training and Advanced Training for Start-Up Young Entrepreneurs.

Bimtek unruk Peserta Program YESS

Bimtek diikuti oleh Calon Penerima Manfaat (CPM) dan Penerima Manfaat (PM) Program YESS di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel yang berlangsung selama tiga hari, medio Juni lalu.

Kegiatan Bimtek dilaksanakan pada sejumlah Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di antaranya BPP Sungai Loban, BPP Karang Bintang, BPP Kusan Tengah/Kusan Hilir, BPP Angsana, BPP Batulicin, BPP Satui dan BPP Kuranji di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel.

Baca juga: Kementan Dukung Petani Milenial Subang Manfaatkan KUR

Terpisah, Kepala SMK-PPN Banjarbaru, Budi Santoso berharap dengan adanya Advanced Training dapat menjadi sarana bagi para petani muda untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Beri Motivasi Petani Muda

"Pelatihan diharapkan menjadi motivasi bagi peserta untuk tetap semangat menjadi petani muda yang sukses di bidang pertanian," katanya.

Budi Santoso mengharapkan ke depan, para petani muda mampu membuka peluang lapangan pekerjaan bagi petani muda lainnya maupun masyarakat sekitar demi terciptanya kesejahteraan.

Baca juga: Dorong Ekspor Produk Petani Milenial, Kementan Sambangi KBRI di Jepang

Peserta Bimtek mendapatkan materi sesuai pilihannya, antara lain Budidaya Tanaman Hidroponik, Pengelolaan Usaha Ternak Kambing dan Sapi Skala Kecil Komersil, Budidaya Ternak dan Pengolahan Pakan Itik, Penggunaan Bahan Organik Ramah Lingkungan, dan Beternak Unggas dan Pengolahan Pakan.

Peserta CPM dan PM Program YESS dari berbagai wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu ini mendapatkan materi teori selama satu hari dan praktek selama dua  hari dari para mentor dan praktisi di bidangnya masing-masing. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat