visitaaponce.com

Melalui Program Kemandirian Ekonomi Desa, Indra Karya Raih NCSR Award 2023

Melalui Program Kemandirian Ekonomi Desa, Indra Karya Raih NCSR Award 2023 
Indra Karya Raih NCSR Award 2023 lewat Program Kemandirian Ekonomi Desa di Jawa Tengah.(Ist)

PT Indra Karya (Persero) meraih Nusantara CSR Awards (NCSRA) 2023 dalam kategori Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi untuk Program Desa Sukorejo, Kabupaten Sragen di Jawa Tengah (Jateng) yang dikelola secara terintegrasi.

Penghargaan NCSRA 2023 ini diumumkan The La Tofi School of CSR sebagai penyelenggara yang mengakui komitmen dan kontribusi signifikan dari PT Indra Karya (Persero) dalam implementasi program CSR pada Rabu (5/7).

Melalui program CSR-nya, PT Indra Karya telah memberikan dampak positif dalam membangun kualitas hidup masyarakat dan lingkungan sekaligus mendukung percepatan penerapan Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca juga: Indra Karya dan Perum Jasa Tirta I Jalin Kerja Sama optimalisasi Sumber Daya

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Simamora mengatakan,“Program Desa Sukorejo Terintegrasi yang berlokasi di Sragen, Jawa Tengah pada akhir tahun 2022 lalu ini merupakan aksi kepedulian Indra Karya sebagai BUMN Konsultan Karya agar masyarakat desa bisa merasakan kemandirian ekonomi serta pulih seutuhnya pasca pandemi Covid-19 lalu,” 

Beberapa Program TJSL 

Gok Ari menjelaskan, beberapa kegiatan yang dilakukan Indra Karya melalui Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam program ini terdiri dari program bantuan penanaman pohon terIntegrasi disektor pertanian, sektor peternakan, serta sektor pariwisata. Hal ini berkaitan dengan profesi umum masyarakat setempat yakni petani. 

Baca juga: Program Keberlanjutan Kalbe Raih Penghargaan Platinum dan Gold ISRA 2023

“Dengan adanya bantuan program ini, kami berharap pertumbuhan ekonomi Desa ini dapat terintegrasI dan menumbuhkan ekonomi desa, mulai dari penanaman padi organik, tanaman jagung jail, tanaman durian, biogas, perikanan, pestisida organik, penanaman pohon durian, dan lain sebagainya,” jelas Gok Ari.

Gok Ari menambahkan,“Selain itu, diharapkan kegiatan di atas juga bisa mendorong pertumbuhan sektor wisata serta UMKM setempat, mengingat desa ini memiliki posisi cukup strategis di kaki gunung lawu yang sangat indah pemandangan serta kearifan lokalnya.” 

Program TJSL ini dalam rangka mendorong Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGS nomor 6 (akses air bersih dan sanitasi), 7 (energi bersih dan terjangkau), 8 (pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi), 9 (infrastruktur, industri dan inovasi), 10 (mengurangi ketimpangan), 15 (menjaga ekosistem darat), dan 17 (kemitraan untuk mencapai tujuan).

Baca juga: Sambut HUT Ke-496 Jakarta, Penerbit Erlangga Gelar Kegiatan CSR di Pulau Pramuka 

“Sesuai pemenuhan SDGs yang dicanangkan Pemerintah RI, kami berhasil meningkatkan harga tanah per-meter nya di Desa Sukorejo dari sebelumnya Rp3.000/m2 meningkat hingga Rp.30.000/m2, meningkatkan penghasilan para petani, pertumbuhan UMKM desa setempat serta meningkatkan penghasilan BUMDes sampai dua kali lipat,” tuturnya.

Chairman The La Tofi School of Social Responsibility dan Ketua Tim Penilai NCSRA 2023, La Tofi, turut hadir memberikan sambutan pada acara pembukaan. 

La Tofi menyampaikan bahwa setiap tahunnya apresiasi ini ditujukan sebagai proses pembelajaran dan meningkatkan best practices terutama di bidang CSR bagi seluruh perusahaan baik BUMN maupun swasta.

Baca juga: Indra Karya Raih Penghargaan Kolaborator Terbaik dalam Ajang BUMN Branding & Marketing Award 2021

La Tofi juga menjelaskan bahwa selama tahun 2023 hingga 2030, fokus utama Nusantara CSR Awards akan condong kepada implementasi perusahaan terhadap 17 poin yang ada didalam SDGs sebagai upaya untuk menyelesaikan permasalahan di bangsa ini.

Disampaikan juga bahwa NCSRA tahun ini mendapat 165 program yang telah diterima terkait permasalahan sosial dan ekonomi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada Indra Karya. Kami berharap kedepannya, melalui ajang ini prestasi membanggakan ini dapat terus dipertahankan dan mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat,” tutup Gok Ari.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Teddy Poernama selaku Komisaris PT Indra Karya (Persero) dan Okky Suryono selaku VP Corporate Secretary yang juga mengelola unit TJSL di lingkungan PT Indra Karya (Persero). (RO/S-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat