visitaaponce.com

Tarif LRT Jabodetabek Dipatok Mulai Rp5 Ribu

Tarif LRT Jabodetabek Dipatok Mulai Rp5 Ribu
Tarif LRT Jabodetabek mulai Rp5 ribu(MI/ Usman Iskandar)

KERETA ringan atau light rail transit (LRT) Jabodebek resmi diuji coba secara terbatas oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI), Rabu (12/7). Usai uji coba, tarif terdekat dan terjauh perjalanan LRT pun ikut diumumkan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan tarif untuk rute terjauh LRT Jabodebek mencapai Rp25 ribu Tarif tersebut sudah mendapat subsidi dari Kemenhub. Untuk detail besaran tarif akan dituangkan dalam peraturan menteri perhubungan (permenhub).

"Untuk bocoran tarif terjauh antara Rp20 ribu-Rp25 ribu. Tarif terdekatnya itu Rp5 ribu untuk kilometer pertamanya. Kami tidak asal menghitung karena digunakan untuk masyarakat," ucapnya.

Baca juga: Melintasi 12 Stasiun, Uji Coba LRT Jabodebek Diwarnai Rem Mendadak

Untuk transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan kartu uang elektronik dari berbagai macam bank penyedia jasa layanan uang elektronik.

Menhub menambahkan kehadiran layanan LRT Jabodebek sudah dinanti-nantikan masyarakat di Jakarta dan daerah penyangga lainnya seperti Depok dan Bekasi.

Baca juga: Catat! LRT Jabodebek Beroperasi Terbatas Mulai Besok Hingga 15 Agustus 2023

"Nanti rute LRT ini akan diperpanjang hingga Bogor," kata Budi. 

Diwarnai Rem Mendadak

Media Indonesia berkesempatan menjajal moda transportasi baru tersebut. Kereta mulai berangkat pukul 10.01 WIB dari Stasiun Harjamukti. Dari empat stasiun pertama yakni Harjamukti, Ciracas, Kampung Rambutan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), laju kereta terasa cukup mulus dengan beberapa kali sentakan saat kereta mulai bergerak atau sampai di stasiun.

Saat memasuki Stasiun Cawang, peserta yang ikut uji coba LRT Jabodebek dikejutkan dengan pengereman mendadak kereta. Mereka yang berdiri dalam kereta karena tidak mendapat kursi langsung berpegangan erat ke hand strap yang menggantung di atas. Setelahnya, selama kurang dari semenit kereta sempat berhenti di tempat. Kemudian, kereta kembali melaju menuju stasiun berikutnya. Pukul 10.32 WIB, kereta LRT Jabodebek berhenti di Stasiun Ciliwung dan diteruskan hingga menuju Stasiun Dukuh Atas sampai pukul 10.52 WIB.

Dalam satu rangkaian kereta memiliki enam gerbong kereta dengan kapasitas mengangkut hingga 1.300 penumpang tiap harinya saat kondisi padat.

LRT Jabodebek dioperasikan tanpa masinis dengan menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3. Hadir dalam uji coba terbatas LRT Jabodebek, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan uji coba moda transportasi tersebut berjalan baik dan aman. Ia pun menekankan kepada KAI selaku operator LRT Jabodebek mengutamakan aspek keamanan.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat