visitaaponce.com

Catat LRT Jabodebek Beroperasi Terbatas Mulai Besok Hingga 15 Agustus 2023

Catat! LRT Jabodebek Beroperasi Terbatas Mulai Besok Hingga 15 Agustus 2023
LRT Jabodebek(MI/Susanto)

DIREKTUR Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Mohamad Risal Wasal menyampaikan berdasarkan kesepakatan bersama pengoperasian kereta ringan atau light rail transit (LRT) Jabodebek diputuskan mulai Rabu, 12 Juli sampai dengan Selasa, 15 Agustus 2023.

"Ini akan dilakukan uji coba operasional secara terbatas,” kata Risal dalam keterangannya, Selasa (11/7).

Terkait kesiapan uji coba operasional terbatas baik dari aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan, Risal menjelaskan telah menerima surat permohonan pelaksanaan uji coba operasional terbatas yang disampaikan oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo kepada Direktur Jenderal Perkeretaapian.

Baca juga : Kemenhub: LRT Jabodebek Siap Lanjutkan Uji Coba dengan Penumpang

Surat tersebut didapat setelah mendapatkan rekomendasi safety assessment atau penilaian keamanan dari Siemens dan konsultan pengawas proyek pembangunan LRT Jabodebek.

Risal menambahkan, dalam uji coba terbatas nanti, selain menguji coba pengoperasian LRT, juga sekaligus dilakukan uji coba terkait sistem pembayaran dan integrasi antarmoda di masing-masing stasiun yang dilewati.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan jajaran dinas perhubungan baik di DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi. 

Baca juga : Masyarakat Bisa Ikut Uji Coba LRT Jabodebek Gratis pada 12 Juli

"Koordinasi terkait penyiapan angkutan lanjutan seperti Bus Transjakarta, Jak Lingko, angkot, KRL, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan lain sebagainya,” kata Risal.

Sementara itu, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan, uji coba dilakukan untuk memperkenalkan dengan mengajak masyarakat untuk merasakan pengalaman baru menggunakan LRT Jabodebek.

"Untuk itu, aspek keselamatan dan keamanan perjalanan LRT Jabodebek menjadi perhatian utama kami sebelum dimulainya uji coba terbatas besok,” ucapnya.

Baca juga : Sebulan Beroperasi, 1,4 Juta Masyarakat Telah Menjajal LRT Jabodebek

Ia mengatakan, uji coba operasional terbatas akan dilakukan secara bertahap, yaitu tahap pertama mulai 12 Juli 2023 sampai 26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari kementerian/lembaga, jurnalis, dan komunitas.

Selanjutnya, pada tahap kedua mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uj coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Adapun uji coba operasional terbatas akan dilaksanakan pada pukul 08.00-12.30 WIB dengan jumlah 4 perjalanan KA per hari, yang akan melayani 3 lintas, yaitu lintas Cawang-Dukuh Atas, Cawang-Harjamukti dan Cawang-Jatimulya. Dalam sehari, ditargetkan jumlah penumpang LRT maksimal 600 penumpang undangan.

Para undangan hanya dapat melakukan tap in di tiga Stasiun LRT Jabodebek yaitu di Stasiun Harjamukti, Jatimulya dan Dukuh Atas. Namun para undangan dapat melakukan tap out di semua stasiun yang dilewati. Transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan kartu uang elektronik dari berbagai macam bank penyedia jasa layanan uang elektronik. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat