visitaaponce.com

Masyarakat Bisa Ikut Uji Coba LRT Jabodebek Gratis pada 12 Juli

Masyarakat Bisa Ikut Uji Coba LRT Jabodebek Gratis pada 12 Juli
LRT Jabodebek yang sebentar lagi siap diuji coba.(MI/Adam Dwi)

JURU Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati, mengatakan, kereta LRT Jabodebek akan diujicoba mulai 12 Juli 2023. Masyarakat bisa ikut mencoba naik LRT Jabodebek di uji coba tersebut secara gratis.

"Selama masa uji coba layanan LRT Jabodebek akan digratiskan. Juli ini uji coba operasi dan masyarakat bisa naik LRT (Jabodebek) tanpa dikenakan biaya," kata Adita melalui pesan singkat, di Jakarta, Senin (15/5).

Secara terpisah Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menjelaskan, warga Jl DI Panjaitan akan terdampak atas pembangunan LRT Jabodebek. Adapun jam operasional LRT Jabodebek saat masa uji coba mulai pukul 06.00 WIB-22.00 WIB.

Kata Adita, Kemenhub sementara ini masih membahas soal rute LRT Jabodebek selama masa uji coba. Kemenhub juga masih membahas soal stasiun LRT Jabodebek mana saja yang akan diujicobakan.

Baca juga: Perhatian Warga Jabodetabek! LRT Jabodebek 93% Rampung, Siap Uji Coba Pekan Depan

"Rute operasional saat masa uji coba akan diumumkan nanti. Stasiun saat masa uji coba pasti ada, sedang disiapkan," ujar Adita.

Dia menambahkan, layanan gratis ini akan berlangsung sebelum LRT Jabodebek dikomersilkan pada Agustus 2023. Besaran tarif LRT Jabodebek saat ini masih dalam tahap pembahasan. Adita meyakini Kemenhub akan memberikan subsidi dalam tarif layanan LRT Jabodebek nantinya.

"Besaran tarif sedang diproses untuk ditetapkan dalam PM Perhubungan. Pasti ada unsur subsidi dalam tarif akhirnya. Besarannya nanti akan disosialisasikan segera," jelasnya.

Baca juga: Disubsidi, Tarif Awal LRT Jabodebek akan di Bawah Rp12 Ribu

Alternatif Menjanjikan

Perlu diketahui, LRT Jabodebek memiliki panjang lintasan 44,43 kilometer. LRT sangat dibutuhkan warga Ibu Kota guna menambah daya angkutan massal yang ada selama ini guna mengurangi beroperasinya mobil pribadi.

“LRT diharapkan mampu menurunkan kemacetan lalu lintas di Jakarta," kata Adita.

Sementara Dinas Perhubungan (Dishub) DKI mengharapkan setelah selesai LRT Jabodebek beroperasi maka angkutan massal itu melintasi sedikitnya 18 stasiun dari Bekasi Timur-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Dukuh Atas.

"Tarif kurang dari 10 kilometer Rp10.245 dan tarif terjauh lebih dari 20 km senilai Rp29.400," ungkap Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal.

Dia menuturkan, nantinya tarif LRT Jabodebek untuk satu kilometer pertama dikenakan tarif Rp3.000. Kemudian untuk setiap kilometer selanjutnya dikenakan tarif Rp825.

Beroperasi 18 Agustus 2023, Risal mengatakan, tarif tersebut sudah termasuk subsidi yang akan diberikan pemerintah.

Menurut dia, skema subsidi tarif LRT Jabodebek akan berbeda dengan KRL Jabodetabek. Meski begitu, lanjutnya, tarif LRT Jabodebek tersebut masih menunggu keputusan dari Menhub, Budi Karya Sumadi.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat