visitaaponce.com

Roda Aus, LRT Jabodebek Kurangi Lagi Perjalanan Kereta

Roda Aus, LRT Jabodebek Kurangi Lagi Perjalanan Kereta
Roda trainset LRT Jabodertabek mengalami pengikisan, jam operasional dikurangi(MI/Susanto)

DIREKTORAT Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan meminta kepada operator proyek kereta api ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk memangkas kembali perjalanan kereta.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Mohamad Risal Wasal menjelaskan hal tersebut lantaran ditemukan roda kereta yang mengalami pengikisan atau aus. Alhasil, sejumlah kereta masuk bengkel untuk dilakukan perawatan. LRT Jabodebek pun hanya mengoperasikan delapan rangkaian kereta (trainset) dari sebelumnya sembilan trainset.

“Berdasarkan temuan inspektur kami di lapangan, ditemukan pengikisan pada ruas-ruas jalur tertentu. Kami tengah melakukan pemeriksaan roda dan kondisi rel untuk mengatasi hal itu," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (1/11).

Baca juga: Begini Beda Headway LRT Jabodebek pada Jam Sibuk atau Tidak

"Dengan adanya perawatan ini, maka rangkaian kereta yang dapat dioperasikan penuh ada delapan rangkaian," tambahnya.

Dengan adanya pengurangan pengoperasian LRT Jabodebek, Risal mengimbau kepada calon penumpang untuk bisa menyesuaikan jadwal keberangkatannya. Pihaknya meminta maaf atas lamanya waktu tunggu kedatangan (headway) kereta yang bisa mencapai satu jam.

Baca juga: LRT Fase 1B Diharapkan Tekan Kemacetan Hingga Polusi

"Kami menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya perawatan sarana LRT Jabodebek," ucap Risal.

Ia kemudian meminta operator untuk dapat aktif menginformasikan perubahan jadwal selama perawatan berlangsung.

"Jangan sampai menimbulkan kebingungan pada masyarakat,” tutup Risal.

Selama proses perawatan kereta berlangsung, pelayanan LRT Jabodebek akan disesuaikan dengan waktu tunggu antar kereta. Yakni saat jam sibuk, waktu tunggu kereta dari Stasiun Harjamukti/Jatimulya ke Cawang menjadi 30 Menit. Lalu dari Stasiun Cawang ke Dukuh Atas menjadi 15 Menit.

Sementara, di luar jam sibuk, waktu tunggu kereta dari Stasiun Harjamukti/Jatimulya ke Cawang menjadi 60 menit dan rute dari Stasiun Cawang ke Dukuh Atas menjadi 30 menit. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat