visitaaponce.com

Perhatian Warga Jabodetabek LRT Jabodebek 93 Rampung, Siap Uji Coba Pekan Depan

Perhatian Warga Jabodetabek! LRT Jabodebek 93% Rampung, Siap Uji Coba Pekan Depan
Proyek pengerjaan konstruksi LRT Jabodebek Cawang-Dukuh Atas.(MI/susanto)

KEPALA Divisi Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, Mochamad Purnomosidi mengatakan, pembangunan LRT Jabodebek sudah mendekati 93% penyelesaian. Masa pencobaan atau uji coba LRT operasi berbayar tanpa penumpang akan mulai pada Senin, 15 Mei 2023.

“Kita akan grand launching dan mulai berbayar. Mulai senin kita sudah coba trail running (cek), jadi ini adalah masa sebagaimana mencoba LRT beroperasi berbayar,” ujar Purnomosidi dalam acara LRT Jabodebek Fun Run 2023 di GBK Arena, Jakarta pada Minggu (14/5).

Purnomosidi menjelaskan, sosialisasi akan dilakukan ke berbagai pihak, mengingat LRT Jabodebek merupakan salah satu teknologi transportasi publik baru di Indonesia. Peresmian akan jatuh pada tanggal 12 Juli 2023 dan penerapan LRT berbayar dimulai pada 17 Agustus 2023.

Baca juga: Disubsidi, Tarif Awal LRT Jabodebek akan di Bawah Rp12 Ribu

“Sementara belum berbayar, nanti tanggal 17 Agustus kita akan bareng dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung,” jelasnya.

Rute KLR akan terbagi menjadi dua area, hijau dan biru. Area hijau meliputi Bekasi hingga Dukuh Atas. Area biru meliputi Bekasi Timur hingga Dukuh Atas, bertemu di Stasiun Cawang-Cibubur-Halim, dan terintegrasi dengan kereta cepat Bandung.

“Jadi penumpang turun di Halim, terus pindah ke Kereta Jakarta Cepat. Kemudian semua jalur kita dari mulai Cawang-Dukuh Atas itu semua terintegrasi dengan Halte Transjakarta. Tapi ada satu yang menarik adalah dari Cibubur ke Dukuh Atas cuma 30 menit itu menarik loh,” pungkasnya.

Baca juga: Permudah Masyarakat, Stasiun LRT Jabodebek Terintegrasi Dengan Moda Lainnya

Tarif dan Jadwal

LRT Jabodebek menyatakan belum ada tarif pasti untuk angkutan ini, namun pihaknya telah mengusulkan tarif sebesar Rp15.000 kepada pemerintah. Selain itu, waktu operasional akan dimulai dari pukul 06.00-21.00 WIB, dilanjutkan dari 05.30-23.15 apabila setelah kembali normal.

“Agustus sampai Desember kalau permintaannya cukup tinggi, kita pasti akan segera mentransfer segera operasi normal,” tuturnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat