visitaaponce.com

Wamen BUMN Penyelesaian Tol Trans Sumatra Tahap 1-2 Butuh Dana Rp30 T

Wamen BUMN: Penyelesaian Tol Trans Sumatra Tahap 1-2 Butuh Dana Rp30 T
Gerbang Tol Palembang(MI/Dwi Apriyani )

WAKIL Menteri BUMN (Wamen) II Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) tahap 1 dan 2 membutuhkan dana hingga Rp30 triliun. PT Hutama Karya (Persero) mendapat penugasan dari pemerintah untuk pengerjaan 24 ruas tol JTTS dengan empat tahapan proyek.

"Kalau tahap satu dan dua yang sudah dihitung kita masih butuh dana sekitar Rp30 triliun lagi," ujar Tiko, sapaan akrab Kartika di Jakarta, Kamis (13/7).

Ia menuturkan pendanaan tersebut bisa diraih Hutama Karya lewat penyertaan modal negara (PMN) dan pembayaran ketersediaan layanan atau availability payment/AP. Untuk tahap 1 dan 2 proyek jalan Tol Trans Sumatra ditargetkan rampung di akhir 2024.

Baca juga : 3 BUMN bakal Disuntik PMN Rp28,6 Triliun

Untuk tahap 1 proyek JTTS terdiri dari pembangunan 13 ruas tol dan tiga ruas tol untuk tahapan 2. Untuk tahap 3 ada tiga ruas tol dan tujuh ruas tol di tahap 4 proyek JTTS.

"Tahap 1 dan 2 yang sampai Jambi itu sampai akhir 2024 targetnya. Yang tahapan tiga dan empat itu di pemerintahan baru," ucapnya.

Wamen BUMN mendorong agar pendanaan proyek pembangunan jalan tol yang digarap Hutama Karya tidak melulu dari PMN. Tahun lalu, Presiden Joko Widodo telah menyetujui PMN sebesar Rp7,5 triliun untuk Hutama Karya guna mempercepat pembangunan lima ruas jalan Tol Trans Sumatra tahap 1.

Baca juga : Hutama Karya Dapat Guyuran Uang Negara Rp49,05 Triliun

"Jadi, HK ini memang terus kita dorong untuk penyelesaian proyek JTTS, tapi kami tidak mau HK ini dapat (pendanaan) dari PMN. Kita akan kurangi misalnya (jalan tol) dilepas ke investor," jelas Tiko.

Hutama Karya telah resmi melepas dua ruas Jalan Tol Trans Sumatra, Tol Medan–Binjai dan Bakauheni–Terbanggi Besar kepada Indonesia Investment Authority (INA) melalui anak perusahaannya, PT Swarna Investasi Indonesia dan PT Abhinaya Investasi Indonesia. Nilai divestasi tersebut mencapai Rp20,5 triliun. (Ins/Z-7)

Baca juga : Pembangunan Ruas Tol Trans Sumatra Butuh Dana Rp547 Triliun

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat