visitaaponce.com

Turki Naikkan Suku Bunga tapi Pasar Tetap Kecewa

Turki Naikkan Suku Bunga tapi Pasar Tetap Kecewa
Seorang warga Turki membeli dolar AS dengan lira di kantor penukaran uang di Ankara pada 20 Juli 2023.(AFP/Adem Altan.)

BANK sentral Turki menaikkan suku bunga utamanya untuk bulan kedua berturut-turut pada Kamis (20/7). Namun analis menilai kebijakan Presiden Recep Tayyip Erdogan yang kini berubah arah itu terlalu takut untuk menjinakkan inflasi.

Setelah pemotongan selama bertahun-tahun yang bertujuan mendorong pertumbuhan tetapi memicu inflasi dan menyebabkan lira jatuh, bank tersebut menggandakan suku bunganya bulan lalu dari 8,5% menjadi 15%. Penaikan terbaru lebih kecil, pada 2,5 poin persentase, menjadi 17,5%.

Bank sentral mengatakan dalam suatu pernyataan, "Memutuskan melanjutkan proses pengetatan moneter untuk menetapkan arah disinflasi sesegera mungkin, menahan ekspektasi inflasi, dan mengendalikan penurunan perilaku harga." Penaikan suku bunga dilakukan sejak Erdogan memasang wajah ramah investor untuk memimpin bank sentral dan kementerian keuangan setelah pemilihannya kembali dalam jajak pendapat Mei yang ketat.

Baca juga: Pendapatan American Airlines Melesat tapi Prospek belum Jelas

Bank tersebut mengatakan setelah penaikan suku bunga pertama pada Juni, langkah tersebut hanyalah awal dari proses yang bertujuan membawa tingkat inflasi tahunan Turki hampir 40% ke angka tunggal sesegera mungkin. Tingkat inflasi mencapai 85% akhir tahun lalu dan bank sentral menghabiskan sebagian besar cadangannya untuk mencoba menopang lira--turun 90 persen terhadap dolar AS selama 10 tahun--dari penurunan yang lebih besar lagi.

Namun kedua penaikan itu mengecewakan para analis yang memperkirakan penaikan lima poin pada Kamis. "Bank sentral Turki hari ini sekali lagi mengecewakan harapan dan pengetatan lambat untuk mencapai batas yang dapat dilakukan oleh pembuat kebijakan," kata Liam Peach, ekonom senior pasar negara berkembang di Capital Economics.

Baca juga: Datang ke UEA, Erdogan Teken Perjanjian Senilai US$50 Miliar

"Sekarang ada risiko lebih jelas bahwa pergeseran kebijakan gagal dan lira berada di bawah tekanan penurunan yang jauh lebih besar," tambahnya. Lira turun 0,5% pada Kamis menjadi hampir 27 lira terhadap dolar AS.

Keputusan buruk 

Bank sentral sekarang dipimpin oleh Hafize Gaye Erkan, wanita pertama yang memegang jabatan tersebut. Resumenya mencakup diploma dari Princeton dan Harvard, pekerjaan teratas di Goldman Sachs, dan co-CEO First Republic Bank yang berbasis di California.

Baca juga: Perusahaan Turki Milik Menantu Erdogan Jual Drone ke Saudi

Erdogan juga menunjuk mantan ekonom Merrill Lynch Mehmet Simsek sebagai menteri keuangan. Keduanya telah mempromosikan kebijakan konvensional yang mencakup penaikan suku bunga untuk memerangi inflasi. Ini kebalikan dari pendekatan lama Erdogan yang memiliki sejarah suka mengganti menteri.

Ekonom Manajemen Aset BlueBay Timothy Ash menyebut langkah bank sentral pada Kamis sebagai, "Keputusan buruk yang sekali lagi gagal." Dia mengatakan suku bunga 17,5% tidak cukup untuk menurunkan inflasi sekitar 40%. "Ini akan kembali memainkan pandangan dari mereka yang mengatakan bahwa Simsek dan Erkan tidak benar-benar memiliki mandat untuk memberikan pengetatan kebijakan yang nyata," kata Ash.

Baca juga: Inflasi Turki Melambat ke 38,2% pada Juni

Penaikan suku bunga datang satu hari setelah Erdogan mengakhiri perjalanan Teluk yang bertujuan mengamankan investasi untuk meningkatkan ekonominyalesu dengan menandatangani perjanjian senilai lebih dari US$50 miliar di Uni Emirat Arab, menurut media pemerintah Emirat. Selama turnya, yang juga termasuk singgah di Qatar dan Arab Saudi, Erdogan memimpin penandatanganan kesepakatan yang menguntungkan untuk meningkatkan ekonomi Turki yang sedang sakit.

Hamish Kinnear, analis senior Timur Tengah dan Afrika Utara di perusahaan intelijen risiko Verisk Maplecroft, mengatakan negara-negara Teluk ingin meningkatkan hubungan dengan tetangga regional mereka yang kuat itu tetapi juga mencari peluang investasi untuk melakukan diversifikasi dari minyak dan gas. "Oleh karena itu pertanyaan terbuka mengenai seberapa cepat investasi Teluk yang dijanjikan ini akan tiba sementara inflasi tetap tinggi di Turki." (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat