visitaaponce.com

Apkasi Gencar Mempertemukan Pemerintah Daerah dan Investor

Apkasi Gencar Mempertemukan Pemerintah Daerah dan Investor
Rakernas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) 2023 yang bersamaan Apkasi Otonomi Expo 2023 dibuka Wapres KH Ma’ruf Amin.(Ist)

RAPAT Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) 2023 yang bersamaan dengan pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 dibuka resmi oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, di Nusantara Hall, ICE BSD Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (20/7).

Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengapresiasi Wapres KH Ma’ruf Amin yang bisa menghadiri dua acara penting Apkasi.

“Sebuah kehormatan bagi kami, Pak Wapres berkenan hadir dan membuka rakernas dan pameran Apkasi."

"Ini menjadi semangat tersendiri bagi rekan-rekan kepala daerah yang terus berupaya keras untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi covid-19,” kata Bupati Dharmasraya ini.

Baca juga: Apkasi: Pameran AOE 2023 Dorong Potensi Daerah Jadi Peluang Investasi

Sutan Riska menyampaikan selain penambahan dana dari pusat melalui dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK), pemerintah daerah berupaya mencari sumber pendapatan lain untuk pembangunan, salah satunya melalui perdagangan dan investasi.

“Sebagai bentuk peran dan fungsi Apkasi dalam memfasilitasi peningkatan kapasitas anggotanya, termasuk memfasilitasi kebangkitan perekonomian anggotanya, Apkasi melaksanakan sejumlah forum bisnis yang mempertemukan pemerintah daerah dengan para buyer dan investor potensial.”

Selain itu, imbuh Sutan Riska, Apkasi saat ini sedang merancang forum perdagangan antardaerah yang melibatkan asosiasi pengusaha untuk pemenuhan suplai dan demand di daerah.

Tujuannya, menekan keran impor kebutuhan pokok dan mendukung program pemerintah dalam menstabilkan harga bahan pokok.

“Ketika pasokan kurang, harga akan naik. Maka, dengan adanya perdagangan antardaerah kami meyakini, pemenuhan kebutuhan masyarakat di daerah akan terpenuhi secara merata,” lanjutnya.

Baca juga: Penurunan Stunting Belum Usai, Wapres Minta Kolaborasi Semua Elemen

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi langkah Apkasi menggelar dua acara strategis sekaligus.

“Kita patut bersyukur bahwa performance kinerja Indonesia yang diawaki pemerintah pusat dan daerah secara serentak ini di dalam negeri terasa dan di luar negeri diakui."

Terbukti, pertumbuhan ekonomi sebagai indikatornya masih terjaga di atas 5%. Kemudian, harga barang dan jasa yang ditandai tingkat inflasi tahun lalu mencapai 5%, dan berkat kerja sama dan kerja keras kepala daerah, hasilnya menunjukkan tren menurun hingga mencapai 3,05%.

“Angka ini sesuai target Presiden Jokowi dan ini angka yang seimbang, menyenangkan baik bagi produsen maupun konsumen. Ini bagus ditandai dengan ketersediaan bahan makanan yang cukup di masyarakat,” katanya.

Mendagri Tito juga mengapresiasi langkap Apkasi menghadirkan pameran komoditas daerah melalui AOE karena bisa mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).  

Baca juga: Ditopang Industri, Realisasi Investasi Indonesia Terus Bertumbuh

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin meminta pemerintah kabupaten agar terus mendorong terciptanya ekosistem usaha yang sehat dan ramah investor di daerahnya.

Wapres juga meminta pemerintah kabupaten fokus kepada komoditas unggulan dari hulu ke hilir secara terpadu dan memperkuat peluang di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Terkait Apkasi Otonomi Expo, Wapres berharap ajang ini dimanfaatkan untuk mempromosikan destinasi wisata, komoditas, dan investasi unggulan daerah, tidak terkecuali produk dan jasa halal, seperti makanan dan minuman, fesyen, farmasi, kosmetik dan wisata halal. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat