visitaaponce.com

Pasar Menanti Arah Kebijakan Moneter Bank Indonesia

Pasar Menanti Arah Kebijakan Moneter Bank Indonesia
: Refleksi layar yang memampilkan logo Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Kamis (17/6/2021).(ANTARA/HAFIDZ MUBARAK A)

PASAR menanti arah kebijakan moneter Bank Indonesia (BI) sehubungan dengan suku bunga acuannya yang akan diumumkan Selasa (25/7).

Diharapkan keputusan BI akan sejalan untuk menjaga stabilitas nilai tukar dan sistem keuangan dalam negeri sebagai upaya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Sebab prakiraan inflasi masih menjadi perhatian serta ada kemungkinan kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS), di mana pasar memprediksi The Fed masih menaikan suku bunga acuan sekitar 25 basis poin (bps) pada bulan Juli.

Baca juga: BI Rilis Instrumen Operasi Moneter Valas untuk Tarik DHE

"Hal ini akan mendorong potensi bagi Bank Indonesia untuk dapat menaikkan tingkat suku bunganya kelak untuk menjaga spread premium dan menjaga daya tarik, meski secara konsensus pasar BI memiliki ruang mempertahankan tingkat suku bunga acuan," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Selasa (25/7).

Pasar berharap BI terus mengoptimalkan seluruh bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta mendukung upaya perbaikan ekonomi lebih lanjut.

Baca juga: Suku Bunga Stagnan, Sektor Properti Kembali Menggeliat

Hal ini sebagai upaya kebijkan Bank Indonesia yang terus memperkuat sinergi kebijakan dengan Pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan dan meningkatkan kredit/pembiayaan kepada dunia usaha pada sektor-sektor prioritas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, ekspor, serta inklusi ekonomi dan keuangan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat