visitaaponce.com

DXPO Talks Bank Danamon Bagikan Tips Pengelolaan Keuangan Untuk Berbagai Kebutuhan

DXPO Talks Bank Danamon Bagikan Tips Pengelolaan Keuangan Untuk Berbagai Kebutuhan
DXPO Talks oleh Bank Danamon(Dok. Bank Danamon)

DI tengah era digital ini, banyak generasi produktif baik dari yang paling muda seperti Gen Z, Millennial, sampai Gen X terpapar informasi yang menyebar begitu luas. Penyebaran informasi yang dikemas secara pendek dan cepat membuat informasi tersebut lebih menarik di mata masyarakat. 

Hal itu mempengaruhi perilaku konsumen dari yang sebelumnya mencari informasi dengan bertanya kepada orang terdekat, menjadi melalui internet dan media sosial. Hal ini didukung dengan penetrasi ponsel pintar (smartphone) yang sudah sangat tinggi di Indonesia. 

Tidak hanya berhenti di pencarian informasi, untuk pengambilan keputusan pun kini masyarakat memposisikan penggalian informasi secara digital sebagai sumber referensi terpercaya. 

Baca juga : Begini Cara Konten Kreator Rius Vernandes Rencanakan Liburan Bersama Keluarga

Dengan begitu banyak dan cepatnya informasi yang tersebar dan diterima orang setiap harinya, mereka yang tidak memiliki kemampuan self-censorship akan cenderung memiliki short attention span atau jumlah waktu yang dihabiskan untuk berkonsentrasi menjadi lebih pendek. 

Hal ini menyebabkan semua informasi akan diserap tanpa disaring terlebih dahulu kemudian akan ada kemungkinan timbul rasa ingin membanding-bandingkan kondisi diri sendiri dengan apa yang mereka lihat di internet dan media sosial. Akibatnya, orang akan mengambil keputusan finansial seperti membeli barang dengan impulsif dan terburu-buru hingga merugikan diri sendiri ke depannya.

Baca juga : Hadirkan Literasi Finansial Sejak Dini, Begini Tipsnya

Melihat kecenderungan itu, Bank Danamon menggelar DXPO Talks dengan tema TUMBUH BERSAMA untuk menunjukkan berbagai kemampuan produk, layanan, dan channel perusahaan; dan menegaskan kembali komitmennya untuk menjadi one-stop financial solution provider untuk semua kebutuhan keuangan nasabah.

Dalam ajang itu, sejumlah kreator konten membagikan tips dalam mengelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan, seperti Den Dimas yang membagikan tips memilih kendaraan pribadi pertama kali. 

"Banyak sekali yang harus diperhatikan mulai dari tujuan, pemilihan spesifikasi, dan kejelian dalam memanfaatkan penawaran atau diskon," katanya.

Selain itu, ada juga Agustinus Michel yang beken sebagai @paksugus di TikTok. Ia memberikan tips terkait mewujudkan rumah yang estetik bagi generasi muda. Dari sisi leisure, ada Jerome Polin yang membagikan tips traveling dengan menghemat pengeluaran.

"Contohnya apabila pengeluaran di aktivitas sudah mahal, maka seimbangkan dengan pengeluaran makan yang murah. Maka dari itu Jerome berpendapat, dalam traveling harus tetap pintar-pintar mengatur keuangan dengan memanfaatkan promo atau diskon,: katanya.

Tidak hanya dari sisi rumah, kendaraan, dan traveling, tekanan bagi orang tua untuk menanamkan kesadaran finansial pada anak sejak dini juga diutarakan oleh Caca Tengker yang merupakan Psikolog ternama. Caca terus berusaha menjalankan parenting dengan cara melakukan koneksi sebelum koreksi.

Ada lagi kekhawatiran dari Rius Vernandes, seorang kreator konten yang sering melakukan ulasan terhadap penerbangan menggunakan business class dan first class. Rius seringkali mencari cara agar tetap bisa traveling bersama keluarga secara nyaman dan aman dengan memaksimalkan benefit berupa miles & reward points.

Dalam berbagai sesi diskusi menarik bersama para influencer tersebut, Danamon menawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan finansial yang disampaikan. Seperti kebutuhan memperoleh kendaraan pertama, Danamon berpendapat bahwa penting memilih mitra pembiayaan yang tepat, terpercaya, dan fleksibel.

Kemudian kebutuhan memperoleh properti yang diinginkan generasi muda, di mana Danamon memberikan insights bahwa ada baiknya bagi generasi muda untuk membeli properti dari sekarang karena harga properti akan selalu naik. 

Selanjutnya dari sisi travelling, selain solusi yang diberikan Danamon melalui promo menarik pada tiket penerbangan, hotel, dan atraksi, Danamon juga menyediakan asuransi yang menjamin kenyamanan dan keamanan nasabah selama traveling.

Menjawab kekhawatiran yang terakhir yaitu literasi finansial sejak dini pada anak, Danamon menghadirkan produk tabungan yang disesuaikan dengan kebutuhan si kecil sembari dirinya belajar mengenai finansial dasar dari ayah dan ibunya, yaitu Danamon LEBIH Junior dan Danamon LEBIH Youth. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat